MENU
icon label
image label
blacklogo

5 Tips Cek Kondisi Mobil Tua Agar Tetap Aman, Nyaman Enggak Mogok Di Jalan

JUL 14, 2022@18:00 WIB | 344 Views

Gapapa tua, yang penting mobil kesayangan tidak mogok di jalan

Beberapa waktu ini, mobil-mobil berumur lawas alias mobil tua kembali booming dan jadi incaran para pecinta otomotif hingga kolektor.

Tahunnya pun beragam, namun yang banyak dan sering ditemui medio tahun 1980 hingga tahun awal 2000an. Memiliki mobil tua pun enggak bisa dianggap sepele, karena kalian harus memberikan perhatian ekstra.

Bukan tanpa sebab, semakin tua umur mobil resiko kerusakan part pun semakin besar dan potensi mogok di jalan juga bisa saja sewaktu-waktu dapat terjadi.

Nah buat kamu yang "main" atau punya mobil tua, ini kami kasih 5 tips rawat mobil tua agar tetap aman, nyaman, dan anti mogok di jalan.

1. Peka terhadap kondisi mobil, terutama mesin.

Kalau kamu main mobil tua, kamu harus lebih peka dengan kondisi mobilmu terutama mesin. Contohnya suara disektor mesin, jika ada bunyi-bunyi aneh yang muncul, jangan memaksakan jalan dan jauh lebih baik jika mengecek kondisi mobil terlebih dahulu.

2. Rutin cek kondisi sistem pendingin mesin alias radiator

Nah salah satu masalah langganan mobil tua yaitu sektor pendingin mesin, dalam hal ini adalah radiator. Sederhana saja, kamu harus rutin mengecek volume air radiator mulai dari tangki reservoir hingga membuka tutup radiator dan melihatnya. Jangan lupa juga cek berkala kondisi selang-selang radiator juga ya.

3. Cek apakah kipas pendingin mesin dan extra fan berfungsi normal

Selain radiator, sistem pendingin mesin juga dibantu oleh kipas yang tepat berada di depan mesin mobil. Jika kondisi kipas radiatormu normal, saat mesin dinyalakan kipas tersebut ikut berputar dengan cepat atau mengikuti RPM mobil (Vanos).

Begitu juga jika mobilmu sudah memiliki kipas pendingin tambahan atau extra fan, pastikan pada tingkat panas tertentu kipas tersebut aktif ikut mendinginkan mesin.

4. Rutin mengganti pelumas mesin mobil secara berkala

Selain sistem pendingin, kondisi mobil juga dipengaruhi dengan pelumas di dalamnya yaitu oli. Biasanya mobil-mobil berumur tua cocok dengan oli SAE tinggi alias oli yang kental agar melumasi bagian-bagian mesin yang terkadang mulai haus. Jangan lupa juga rutin mengganti oli tersebut hingga membersihkan karburator atau throttle body (jika mobilmu sudah berteknologi injeksi).

5. Cek kelistrikan mobil dan hindari pasang aksesori berlebihan dan tidak berguna

Bagian ini sering sekali disepelekan, tapi taukah kamu kelistrikan mobil tua cenderung lebih rentan rusak akibat termakan usia. Paling sederhananya cek rutin aki mobilmu hingga jalur pengisiannya. Jangan lupa juga cek seluruh cahaya lampu-lampu apakah redup saat ada perangkat elektronik yang kamu hidupkan, jika hal tersebut terjadi tandanya aki mobilmu atau sistem pengisian sudah mulai minta perhatian tuh bro.

Satu lagi, kamu harus ingat jika mobilmu sudah tak muda lagi. Sebaiknya jangan memasang terlalu banyak aksesori yang berhubungan dengan kelistrikan, selain dapat menyebabkan aki bekerja lebih keras dan soak hal tersebut rentan menyebabkan terjadinya konsleting pada mobilmu.

Oke segitu dulu dari kami ya Blackpals, so..jangan takut apalagi minder pakai mobil tua karena yang tua itu mempesona! [aziz/dera/timBX].

Tags :

#
mobil tua,
#
mobil,
#
cek,
#
tips