MENU
icon label
image label
blacklogo

5 Pilihan Produk Aftermarket Ini Bikin Touring Motor Lebih Pede

FEB 20, 2022@14:30 WIB | 1,033 Views

Pecinta modifikasi tentunya sering melewati waktu panjang untuk memutuskan pilihan part apa yang bakal menghiasi motor kesayangan Anda. Setelah mengetahui plan terbaik, yang mendukung gaya modifikasi dan itu membuat riding Black Pals lebih nyaman, minimal menambah fungsional saat berkendara. Apakah ide modifikasi ini mengekor ke teman rider Anda atau murni itu bukan urusan, racun atas ide modifikasi sah-sah saja ditiru, yang penting nyaman, dan Black Pals nyaman berkendara dengan motor sendiri.

Pertama kami tawarkan heater Hand Grip. Pengalaman kami riding berjam-jam dengan destinasi ratusan kilometer adalah pekerjaan berat. Fokus berkendara adalah paling penting, selain protector yang lengkap. Riding dengan destinasi rute pegunungan kadang membuat pergelangan kram, atau sedikit pegal. Sementara destinasi lain masih dalam list, yang harus Anda taklukkan, dibanding harus mengunci diri saat pandemik.

Helm yang nyaman memberikan kenyamanan berkendara, namun heater grip juga memberikan 10 kali lipat riding Anda jauh dari masalah. Pasti karena sirkulasi darah ke telapa tangan menjadi lancar karena terpaan hawa dingin saat riding malam misalnya. Dan kebanyakan biker di Indonesia suka menempuh riding malam untuk menuntaskan misi, atau berkendara saat hujan ditengah kondisi jalur hutan yang tidak kunjung selesai dilewati. Riding tetap nyaman, dengan kondisi lengan tangan yang bebas nyeri. Salah satu pilihan yang bisa dicoba adalah Premium Retro Heated Grips buatan Oxford yang bisa dibeli melalui Amazon, Rezvilla atau Oxford.

Kedua adalah mounting buat smartphone. Meski berkendara cukup berbahaya saat melihat smartphone, sementara riding adalah cara terbaik Anda tidak terganggu dengan smartphone yang menguasai kehidupan umat manusia. Akan tetapi smartphone sebagai pengganti GPS adalah cara yang tepat, meski keakuratan Maps kadang dipertanyakan.

Riding berkelompok kadang riders sudah mengantisipasi dengan kehadiran intercom. Riding dengan saling berkomunikasi antar teman adalah cara terbaik, agar tidak tersesat, dan tercecer dari group Anda. Kehadiran mounting minimal bisa mengecek, seberapa jauh Anda tertinggal dari rombongan bikers lain. Nah mounting smartphone di dashboard motor menjadi solusi agar jarak dengan riders lain bisa terjaga, apalagi tertinggal saat kemacetan di beberapa titik yang Black Pals lalui.

Menggunakan aplikasi seperti Waze memberikan petunjuk belokan demi belokan ke intercom Anda. Bahaya tentang pekerjaan jalan, puing-puing, atau kamera pengukur kecepatan.

 Iringan lagu favorit Anda diputar sebagai latar belakang perjalanan Anda, meletakkan ponsel tepat di depan Anda berarti sinyal Bluetooth Anda bagus dan kuat dan kecil kemungkinannya untuk terputus.
 Selain itu socket power penting untuk motor Anda yang hobi riding jauh.


Ketiga Pilihan Rute yang menjadi pertimbangan apakah hanya melewati rute aspal, atau harus melewati rute trabasan non aspal. Maka pemilihan Side Stand Foot, adalah cara Black Pals agar tidak jatuh begok, saat motor berhenti. Faktor itu disebabkan kelelahan, dan atau gugup melihat medan yang sedikit ekstrim. Bisa saja kewaspadaan dan keseimbangan badan terganggu dan Black Pals butuh reaksi cepat, dengan standar samping yang mampu menopang motor dengan beban berat.

Bila dikombine dengan kaki gajah yang menompah badan 2,7  ton mampu berjalan ribuan langkah di berbagai medan. Motor dengan berat normal 200kg plus side bag, juga menjadi masalah ketika melewati medan dengan tanah yang tidak statis. Kadang side stand motor memiliki tapak yang kecil hanya cocok untuk aspal atau beton. Bagaimana Black Pals harus berhenti di sebuah spot dengan struktur tanah labil, karena sebuah view pemandangan yang indah, atau beristirahat sejenak menghilangkan stressing pada otot lengan tangan, punggung dan kaki. Side stand foot biasanya disediakan brand Rizoma, dan Coriaz dari brand dalam negeri.

Keempat Meinginstal Brake Free Light untuk keamanan ganda.  Di Indonesia memang belum familiar dengan aksesoris ini. Namun di negara maju seperti Amerika Serikat, mulai digalakkan melihat pertimbangan banyaknya kecelakaan sepeda motor 6% dari seluruh accident setiap tahun. Angka kematian sebab kecelakaan motor di Indonesia 80 orang perhari, atau sekitar 74,54 persen pertahun. Nah seberapa penting, Brake Free Light untuk penunjang keselamatan Anda?

Brake Free Light dipasang menggunakan braket di helm dengan mengandalkan lem 3M.  Tidak perlu instalasi listrik dan tanpa sinkronisasi untuk pengaktifan. karena sudah dilengkapi dengan girometer dan akselometer bawaan, alat ini bekerja otomatis mendeteksi kecepatan riding Anda. Saat melambat, 100 lampu LED Ultra Light ini menyala untuk memperingatkan pengendara lain. Bahkan saat manuver rem dalam keadaan darurat, Brake Free Light memberikan sinyal terang. 

Selain fungsi pengeremannya, Brake Free Light juga menawarkan beberapa fungsi lampu berjalan yang dirancang untuk semakin meningkatkan kehadiran Anda di jalan. Unit ini dapat diisi ulang dan akan memberikan pencahayaan selama 8-10 jam dari pengisian penuh.

Kelima pilihlah klakson aftermarket yang mumpuni. Riding jauh butuh sapuan khusus, untuk kelonggaran rute yang Black Pals lalui. Maka salah satu teknik selain penguasaan teknik touring kelompok, adalah dengan upgrade klason motor Anda. Ada merek yang beredar seperti Bosch Evolution, Hella Blue Twintone, Hella Chrome, Hella Supertone, Denso Disk Fullpower, Fiamm AM80S, STEBEL, Denso Power Tone, Flosser, FER Twintone dan Denali Sound Bomb. 

Beberapa merek diatas memang tidak menyebutkan kapasitas desible-nya. Namun untuk Denali 120 dB, Hella Chrome 112 dB, Hella Supertone 118 dB,  dengan harga Rp100 ribu hingga Rp700 ribuan. Tipikal klakson dengan kualitas terjamin ini sudah menggunakan teknologi electro pneumatik, dan siap diinstal di motor Anda. Dengan konsumsi power rate 2 x 60 watt itu berarti Black Pals harus mempersiapkan aki yang sehat, agar tidak ngedrop. [Ahs/timBX]

Tags :

#
aksesoris motor,
#
heater grip,
#
side stand,
#
brake light helmet,
#
klakson,
#
smartphone holder

RELATED ARTICLE