MENU
icon label
image label
blacklogo

5 Jurus Ampuh Bersihkan Bekas Stiker Body Motor, Salah Satunya Bisa Pakai Bumbu Dapur

MAR 10, 2022@20:00 WIB | 669 Views

Kesal body motor kotor akibat bekas lem stiker? Yuk simak 5 jurus ampuh ini

Banyak sekali cara orang membuat tampilan motornya makin keren dan unik. Salah satunya dengan mengubah warna bodi motor. Untuk mengubah warna motor terdapat dua cara, mulai dari mengecat ulang hingga melapis body motor full stiker alias wrapping bagi kalian yang sayang dengan warna orisinal pabrikan.

Namun pemasangan stiker kerap meninggalkan berbagai dampak, salah satunya meninggalkan bekas lem yang terbilang susah dibersihkan dan membuat bodi motor terlihat kotor.

Jangan khawatir, tim BX punya 5 jurus ampuh bersihkan bekas stiker pada body motor, salah satunya bisa pakai bahan masakan

1. Obat Nyamuk Oles

Cara membersihkan bekas stiker pertama adalah, menggunakan bantuan obat nyamuk oles. Obat nyamuk oles sangat mudah sekali kalian dapatkan di minimarket atau warung kelontong. Kandungan bahan kimia pada obat nyamuk oles ini ternyata sangat baik dalam membantu proses pembersihan bekas lem stiker.

Langkah pengaplikasiannya cukup dengan mengoleskan obat nyamuk oles area yang terdapat sisa lem stiker. Setelah itu kalian bisa diamkan selama 10 menit. Lalu, Black Pals cukup menggosok bekas stiker yang telah diolesi obat nyamuk tersebut dengan bantuan kain. Jangan lupa untuk membilasnya dengan air bersih, ya.

2. Minyak Kayu Putih

Selanjutnya, cara membersihkan bekas stiker dengan menggunakan bahan yang biasanya dimiliki oleh tiap orang, yaitu minyak kayu putih. Caranya cukup mudah, cukup memastikan seluruh kertas stiker telah dilepas dan hanya tersisa lem bekas dari stiker tersebut. Lalu, dengan perlahan kalian tuangkan minyak kayu putih ke seluruh permukaan yang masih terdapat bekas lem stiker.

Jika seluruh bagian dari bekas lem stiker telah terlapisi dengan cairan dari minyak kayu putih, selanjutnya cukup menunggu kurang lebih 20-30 detik agar minyak meresap ke bekas dari lem stiker tersebut. Lalu, kalian bisa dengan perlahan menggosok bekas lem stiker tersebut dengan jari, sembari sedikit digosok dengan kuku, atau bisa juga menggosok lem bekas stiker tersebut dengan bantuan kain kering. Setelah itu, keringkan sisa minyak kayu putih tersebut dengan kain yang sedikit dibasahi agar tidak licin dan baunya hilang.

3. Pakai bahan bumbu dapur yaitu Cuka

Mungkin tidak banyak yang menyadari jika cuka sangat berguna dalam membersihkan sisa lem stiker. Cara untuk membersihkan stiker menggunakan cuka juga cukup mudah, kalian cukup menggunakan kain atau lap kering, lalu basahi sedikit dengan cairan cuka. Selanjutnya gosok  sisa lem bekas stiker tersebut secara perlahan. Jika dirasa bekas stiker belum hilang, ulangi proses tersebut selama beberapa kali.

Jangan lupa untuk membersihkan bekas dari cuka yang menempel, terutama jika permukaan dari benda yang terdapat bekas stiker tersebut merupakan jenis benda dari besi. Sebab, kandungan asam pada cuka bisa menimbulkan kerusakan pada bagian dalam dari besi, dan bisa timbul keropos pada besi.

4. Tisu Basah

Beberapa tisu basah memiliki kandungan bahan kimia yang cukup efektif dalam membersihkan bekas stiker. Selain itu, cara ini mungkin cara yang paling mudah dan cukup higienis serta aman bagi kulit tangan. Untuk memanfaatkan tisu basah sebagai pembersih bekas stiker, kalian bisa dengan mengelap bekas stiker yang terdapat dipermukaan benda secara berlahan. Lalu gosok dengan jari beberapa kali.

Untuk beberapa tisu basah mungkin membutuhkan berulang kali proses pembersihan. Sebab tisu basah yang ada di pasaran saat ini banyak yang tidak lagi memiliki kandungan alkohol. Jika mengingkan proses pembersihan dengan tisu basah yang lebih cepat, maka anda bisa membeli jenis tisu basah yang memiliki kandungan alkohol.

5. Dengan Pelumas Rantai (Chain Lube)

Cara membersihkan bekas stiker yang terakhir mungkin menjadi cara yang paling efektif. Pelumas rantai merupakan jenis bahan yang biasa digunakan sebagai penghilang karat pada rantai kendaraan. Kandungan partikel kecil pada pelumas rantai ini mampu meresap ke setiap pori-pori dari bekas lem pada stiker, dan akan membuat lem bekas stiker berkurang kerekatannya.

Caranya sangat mudah, yaitu cukup menyemprotkan pelumas rantai ke seluruh bagian yang terdapat bekas stiker. Lalu, diamkan selama 2 menit dan kalian bisa langsung menggosoknya dengan kain kering hingga bekas stiker menghilang.

Jadi, tidak perlu lagi takut permukaan benda kesayangan kalian rusak karena ingin membersihkan bekas stiker. Selama mengikuti cara membersihkan bekas stiker yang benar dijamin deh bodi motor kembali bersih dan mulus lagi Black Pals! [azz/era/timBX]

Tags :

#
tips,
#
bekas stiker,
#
stiker,
#
body motor,
#
motor