MENU
icon label
image label
blacklogo

5 Hal Penting Diperhatikan Sebelum Mengganti knalpot Motor, Jangan Sembarangan!!

FEB 21, 2022@20:00 WIB | 520 Views

Banyak sekali cara yang dilakukan para penggiat otomotif roda dua agar motor makin keren dan punya performa mumpuni. Salah satu yang jadi langganan diganti yaitu bagian knalpot. Selain agar tampilan lebih sporty, mengganti knalpot motor juga diklaim dapat mendongkrak performa mesin secara instan. Namun perlu diingat, mengganti knalpot motor tidak bisa sembarangan dan perlu memperhatikan beberapa hal sebagai berikut.

1. Pilih knalpot sesuai kapasitas motor dan bentuk sesuai selera.

Hal ini jadi salah satu faktor penting, kalian wajib menyesuaikan ukuran dan bentuk knalpot yang akan dipasang di motor kalian. Usahakan ukuran sesuai dengan kapasitas mesin agar tenaga meningkat bukan malah jadi drop.

Kedua, setiap orang pastinya memiliki karakteristik yang berbeda-beda termasuk dalam menentukan pilihan saat membeli knalpot. Ada beberapa orang yang suka knalpot dengan tampilan sangat sporty, ada yang lebih mementingkan performa dan kualitas. Namun, apapun pilihan kamu  tetap perhatikan kualitas bahan knalpot agar tidak menyesal di kemudian hari.

2. Karakter suara yang dihasilkan

Dengan mengubah knalpot dari standar ke racing, tentu suaranya juga akan bertambah besar. Oleh karena itu, kamu perlu memperhatikan suara yang dihasilkan. Usahakan membeli knalpot dengan suara nge-bass dan tidak terlalu cempreng supaya tidak mengganggu orang lain.

Agar tidak menyesal, kamu bisa memanfaatkan platform streaming video online untuk mengecek rekomendasi dan ulasan pengguna motor lainnya untuk mengetahui suara motor yang dihasilkan knalpot.

3. Perhatikan bahan dasar

Sebelum menentukan knalpot mana yang ingin digunakan, sebaiknya kamu cek terlebih dahulu bahan dari knalpot tersebut. Saat ini ada beberapa jenis bahan pembuatan knalpot. Dua di antaranya adalah galvanis dan stainless steel.

Kedua bahan tersebut memiliki karakter yang berbeda. Umumnya bahan stainless steel lebih unggul sebab tidak mudah berkarat serta menghasilkan suara yang jauh lebih enak didengar.

4. Perhatikan sambungan knalpot

Walaupun las tidak terlalu mencolok, akan tetapi hal ini bisa dijadikan sebagai patokan dalam menentukan knalpot. Dengan mencermati kualitas knalpot secara detail, mulai dari sambungan hingga silinder kamu dapat memastikan knalpot tersebut memiliki kualitas yang baik.

5. Jangan tergiur harga murah

Ada harga ada kualitas. Knalpot dengan kualitas yang baik, baik buatan dalam negeri atau impor, biasanya dibanderol dengan harga lumayan mahal.

Harga termurah untuk knalpot dengan kualitas yang bagus dari merek ternama dimulai dari Rp 400.000 ke atas tergantung tipe dan jenis knalpot itu sendiri. Biasanya harga knalpot racing bergantung pada besaran kapasitas silinder motor itu sendiri. [azz/era/timBX] berbagai sumber.

Tags :

#
ganti knalpot,
#
motor,
#
knalpot racing,
#
tips