MENU
icon label
image label
blacklogo

5 Hal Bahaya dan Pantang Dilakukan Saat Menyetir! Untuk Hindari Kecelakaan

NOV 24, 2022@17:39 WIB | 191 Views

Halo Blackpals, beberapa waktu ini sering sekali terjadi kecelakaan baik tunggal ataupun beruntun. Dan yang paling baru terjadi adalah kecelakaan beruntun yang disebabkan sebuah truk tepat di sebelah mall Gandaria City, Pondok Indah Jakarta Selatan (23/11/2022).

Kecelakaan yang melibatkan satu truk dan belasan pengendara motor ini mengakibatkan banyak jatuhnya korban luka berat dan kerusakan yang cukup parah.

Usut punya usut dikabarkan sang pengemudi truk sesaat sebelum terjadi kecelakaan sedang berusaha mengambil handphone yang terjatuh. Hal tersebut mengakibatkan konsentrasi mengemudi menjadi buruk dan tak dapat mengontrol laju kendaraan.

Untuk itu, tim BlackXperience.com ingin sedikit berbagi tips nih ada 5 hal bahaya dan pantang dilakukan saat menyetir :

1. Mabuk (Pengaruh alkohol)

Point satu ini sering kali menjadi penyebab utama kecelakaan, sering kali para pengemudi memaksakan menyetir mobilnya ketika ia dalam kondisi pengaruh alkohol sob.

Sebaiknya hindari hal ini, terutama buat kaula muda nih lebih baik hindari mengkonsumsi minuman beralkohol selain baik untuk kesehatan kalian juga akan terhindar dari kecelakaan saat mengemudi Blackpals!

2. Mengantuk

Mengantuk! Hal satu ini memang sulit untuk dihindari karena bisa saja terjadi secara alamiah alias enggak direncakan. Mulai dari kurangnya waktu tidur, begadang hingga kalian dalam pengaruh efek obat-obatan medis.

Jika kalian merasa waktu tidur kurang atau tiba-tiba ngantuk, lebih baik jangan paksakan berangkat atau segeralah cari tempat untuk sejenak berisitirahat. Atau kalian bisa nih cari coffee shop terdekat untuk menikmati segela kopi favorite dan melanjutkan perjalanan.

3. Bermain gadget

Kalau hal satu ini sih sudah pasti human error alias kesalahan dari pengemudi itu sendiri ya Blakcpals! Kalian harus ingat mengemudikan kendaraan itu harus benar-benar konsentrasi alias fokus.

Hindarilah atau pantang melakukan aktifitas lain selain yang berhubungan dengan berkendara, salah satunya ialah bermain gadget (Handphone, laptop, ipad dll).

Jika memang darurat ada hal urgent, sambungkan gadget kalian ke audio sistem mobil atau segeralah minggir cari tempat yang aman untuk bermain gadget ya sob.

4. Setel Musik Terlalu Kencang

Sering dinilai untuk mengusir hawa mengantuk, hal satu ini justru bisa menjadi boomerang alias faktor terjadinya kecelakaan.

Menyetel musik atau audio sistem mobil terlalu kencang dapat mengurangi tingkat konsentrasi berkendara, selain itu suara klakson dari kendaraan lain pun dapat tertutup dengan kerasnya suara audio sistem mobil mu Blackpals!

Baiknya putarlah musik kesayangan kalian dengan volume yang sewajarnya saja ya.

5. Bercanda dan hilang konsentrasi

Yang terakhir yaitu bercanda. Sering dinilai sepele, bercanda berlebihan saat berkendara justru bisa juga mengakibatkan kecelakaan.

Misal saja kalian membawa partner saat berkendara baik keluarga, pasangan hingga teman. Lakukan aktifitas yang tidak mengganggu konsentrasi berkendara. Hindari bercanda yang berlebihan hingga kalian melepas genggaman setir ataupun kesalahan menginjak pedal gas dan rem.

So..itu dia 5 hal bahaya dan pastinya pantang dilakukan saat berkendara, so keep safety Blackpals! [Aziz/timBX].

Tags :

#
kecelakaan gandaria city,
#
gandaria city,
#
kecelakaan,
#
tips,
#
mengantuk,
#
mabuk