MENU
icon label
image label
blacklogo

5 Alasan Mengapa Harus Memakai Ban Nitrogen

APR 01, 2018@14:00 WIB | 310 Views

Untuk menjaga kendaraan tetap awet dan dapat dipakai dalam waktu yang panjang, salah satunya adalah dengan menjaga tekanan ban. Komponen yang satu ini sangat jelas fungsinya bagi kendaraan. Jika tidak ada ban, bagaimana kendaraan berjalan?

Maka dari itu, anda harus memperhatikan kondisi ban anda termasuk “gas” yang ada di dalam ban kendaraan. beberapa pemilik kendaraan memilih angin biasa karena harganya yang murah dan lebih mudah didapatkan di pinggir jalan. Sebagian pengendara memilih “angin istimewa” seperti nitrogen untuk bannya karena mempunyai beberapa kelebihan dibanding angin biasa.

Apakah benar nitrogen dalam ban dikatakan beberapa penggunanya memberikan hasil yang terbaik bagi pengendara? Untuk itu kita akan membahas 5 alasan mengapa nitrogen layak menjadi “teman” ban kendaraan kamu:

1. Ban Lebih Awet

Hery Maylanda, Consumer Product Planning Bridgestone mengatakan bahwa partikel angin biasa memiliki uap air yang meresap masuk ke pori-pori ban dan dapat membuat karat lapisan ban yang biasa disebut dengan lapisan baja. Karat ini membuat usia ban menjadi lebih pendek, apalagi terlalu sering dipakai penggunanya. Sedangkan nitrogen, tidak mengandung uap air, sehingga ban lebih awet. Selain itu, tekanan ban yang dihasilkan menjadi lebih stabil.

2. Daya Cengkram dan Hemat BBM

Ternyata daya cengkram yang dihasilkan dari pemakaian nitrogen pada ban membuat daya cengkraman ban lebih besar dari pada angin biasa. Daya cengkraman inilah yang menyebabkan pengendara tidak perlu menginjak atau menarik gas lebih dalam, karena cengkraman ban yang kuat dan stabil. Dari sini dilihat, bahwa penggunaan ban nitrogen telah menghemat BBM anda.

3. Hemat Karena Jarang Mengisi Angin

Partikel nitrogen yang ada di dalam ban tidak mudah memuai, karena memiliki partikel yang lebih besar serta berat yang lebih kecil dari angin biasa. Oleh karena itu ban nitrogen awet di dalam ban, bahkan diklaim lebih tahan 1/3 lebih lama dari angin biasa.

4. Memberikan Handling Terbaik

Manfaat lainnya dari pemakaian nitrogen pada ban kendaraan adalah memberikan handling yang bagus. Seperti sebelumnya, bahwa ban nitrogen lebih memiliki daya cengkram yang lebih kuat dari pada angin biasa, sehingga pada saat di tikungan, pengemudi lebih dapat merasakan stabilitas yang lebih terjaga.

5. Aman Dikendarakan Ketika Cuaca Panas

Kendaraan dengan ban angin biasa, jika digunakan terlalu lama justru akan membuat ban menjadi panas, dan kemungkinan mengalami pecah ban karena angin biasa dapat memuai terhadap panas (overpressure). Berbeda dengan ban nitrogen, yang memiliki temperatur ban yang dingin bahkan cenderung stabil, sehingga terhindar dari pecah ban akibat terlalu panas (overpressure).[prm/timbx]

Tags :

#
autotips,
#
ban,
#
nitrogen,
#
keuntungan