MENU
icon label
image label
blacklogo

4 Langkah Penanganan Mobil Pasca Banjir secara Personal

FEB 27, 2021@14:30 WIB | 384 Views

Beberapa langkah teknis dan aftersales diberlakukan oleh beberapa dealer dari brand manufaktur, dengan memberikan pertolongan dan beberapa diantaranya diskon.  Sebelum menjemput langkah tersebut, BlackPals bisa memberikan pertolongan pertama (evakuasi) terhadap mobil Anda yang terkena banjir di beberapa titik Jabodetabek, Jawa Tengah, Sumatera dan Kalimantan. 


Langkah pertama, pastikan mobil anda adalah transmisi manual atau automatic dengan perlakuan khusus.  Untuk mobil manual bisa dipastikan dengan ditarik manual atau ditowing.  Sementara mobil bertransmisi matic benar-benar harus di towing untuk menghindari kerusakan akibat minimnya pelumasan. 


Kedua selamat komponen penting mobil,  jika ingin melakukan pertolongan pertama pada mobil paska banjir, adalah memastikan keadaan komponen dengan karburator, alternator, saringan udara, koil dan kabel-kabel pendukung elektrikal harus dalam keadaaan kering. Jadi bisa dibersihkan dengan cairan khusus, setelah kering, baru bisa dilakukan start engine saat posisinya kering.


Sebelum itu lebih baik memastikan oli mesin benar-benar tidak bercampur dengan air. Jika memang terjadi percampuran air, jangan lupa mengganti oli mesin, dan menguras tangki bahan bakar.  Langkah tersebut untuk memastikan air yang masuk melalui celah-celah yang tidak diduga.


Langkah ketiga adalah, memastikan interior mobil seperti karpet dasar, jok kursi, door trim dan head lining apakah masih bisa dibersihkan atau harus diganti. Lakukan pembersihan mulai dari ruang mesin, kabin, bagais, hingga filter AC agar menghilangkan jamur, bau tidak sedap dan serangga dalam kabin. 

Langkah keempat, jika terjadi baret atau penyok pada panel bodi akibat sampah padat seperti kayu, batu dan lainnya. Estetika mobil yang mulai tergerus, bisa dikoordinasikan dengan pihak bengkel rekomendasi. 


Sementara ketekatan jaminan aftersales, pihak Daihatsu menawarkan sebuah program yang meringankan pelanggan.  Paket after sales yang ditawarkan berupa “Daihatsu Peduli Banjir” khusus untuk mobil bermerek Daihatsu yang terkena banjir dan berlaku pada 22 Februari – 31 Maret 2021 di seluruh jaringan bengkel Daihatsu di wilayah Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi), Jawa Tengah, Sumatera, dan Kalimantan. 


Dalam program ini, pelanggan dapat memeriksakan kendaraannya secara gratis khusus bagi mobil Daihatsu yang terdampak banjir; diskon 15% khusus untuk layanan jasa, spare part, dan oli; serta diskon 20% untuk paket khusus banjir dan salon mobil.
Sementara, jika tidak cukup waktu untuk menyelesaikan secara pribadi, karena pelanggan tidak bisa langsung datang ke bengkel kepercayaan.  BlackPals bisa menghubungi bengkel resmi Daihatsu terdekat. [Ahs/timBX]
 

Tags :

#
tips maintenance pasca banjir,
#
langkah setelah banjir

RELATED ARTICLE