MENU
icon label
image label
blacklogo

4 Langkah Merawat Rantai Motor Anda

MAR 22, 2018@17:00 WIB | 517 Views

Bagi pengguna sepeda motor, tentu mendambakan kondisi kendaraan yang prima sehingga dapat dipakai sehari-hari tanpa ada masalah apapun, terutama dibagian rantai. Tetapi, beberapa pengguna sepeda motor tentu tidak asing dengan bunyi yang dihasilkan oleh rantai motor sendiri. Bisa jadi, bunyi pada rantai motor itu dihasilkan karena perawatan yang kurang dari pemiliknya. Efek jangka panjangnya rantai motor akan putus ketika berkendara.

Nah untuk menghindari kemungkinan rantai motor Anda putus di tengah jalan Black Pals, kami ada beberapa tips yang bisa Anda gunakan agar rantai motor kesayangan dapat terjaga performanya.

1. Bersihkan Kotoran Yang Ada

Sebaiknya di akhir pekan, ketika motor jarang digunakan, bersihkan kotoran yang menempel di rantai. Kotoran ini dapat mengikis rantai, sehingga akan berbunyi jika digerakkan. Selain itu rantai juga akan cepat berkarat jika dibiarkan perlindungan khusus.

2. Beri Pelumas Khusus

Jangan beri pelumas rantai dengan oli bekas. Oli bekas itu hasil dari pembakaran mesin, yang pastinya terdapat kotoran yang bisa mengikis rantai. Selain itu, melumasi rantai dengan oli bekas dapat “menyiprat” kemana-mana karena rantai yang tidak memiliki penutup. Pakai pelumas khusus rantai motor yang dijual, dan harganya tidak menguras kantong kok.

3. Setel Rantai

Menyetel rantai juga berguna untuk merawat rantai itu sendiri. Bagi yang tidak mengetahui penyetelan rantai, kamu bisa mendatangi bengkel-bengkel motor terdekat.

4. Cara Melumasi Rantai

Melumasi rantai tidak hanya sekedar melumasi rantai saja, namun juga ada tipsnya. Pertama bersihkan dahulu rantai motor dari pelumas yang dipakai sebelumnya. Biasanya pemilik motor yang peduli dengan motornya menyemprotkan spray khusus agar bekas pelumas dan kotoran mudah dibersihkan. Kedua, bersihkan rantai pakai sikat, agar sela-sela rantai juga bersih dari bekas pelumas. Ketiga, basuh dengan air mengalir, dan jaga disemprotkan. Gunakan air mengalir dari selang agar kotoran juga ikut lepas dari rantai. Keempat, semprotkan pelumas secara merata ke rantai motor. Jangan lupa untuk membersihkan sprocketnya juga.[pram/timbx]

Tags :

#
blackauto,
#
autotips,
#
rantaimotor