MENU
icon label
image label
blacklogo

4 Cara Bersihkan Kaca Mobil, Mulai Dari Berminyak Sampai Baret Ringan

APR 18, 2022@20:00 WIB | 686 Views

Seiring pemakaian, kerap kali para pengendara mobil direpotkan dengan kotoran-kotoran pada kaca mobil yang mengganggu penglihatan. Faktornya pun beragam mulai dari debu, tersiram air kotor di jalan, jamur, minyak, dan sebagainya.

Ingat harus segera dibersihkan! Jika tidak, berpotensi tidak hanya tampilan mobil yang terganggu, komponen tersebut juga bisa bermasalah.

Berikut ini tim BX telah merangkum 4 cara membersihkan kaca mobil, mulai dari berminyak, baret ringan, berjamur hingga kotoran membandel.

1. Cara Membersihkan Kaca Mobil Yang Berminyak

Kotoran kaca mobil berupa minyak Kaca sangat mengganggu pengendaranya. Lapisan minyak dapat muncul pada bagian kaca mobil, jendela mobil, dan kaca spion. Rata-rata penyebab kaca mobil berminyak adalah polusi udara di sekitar.

Bersihkan kaca mobil dengan kondisi ini cukup mudah. Langkah pertama, cuci kaca mobil yang berminyak hingga bersih menggunakan air bersih. Gunakan lap basah untuk membantu menghilangkan minyak. Setelah kaca terlihat bersih, keringkan dan gunakan lap kering untuk membersihkan kaca tersebut sampai tidak ada sisa air yang menempel.

Tahap berikutnya adalah semprotkan cairan pembersih kaca mobil secara merata. Anda juga dapat memanfaatkan sabun cair yang telah dicampur dengan air bersih atau membeli cairan pembersih khusus mobil. Setelah itu, bersihkan dengan bantuan kain atau lap yang basah hingga benar-benar bening.

Setelah kaca mobil dibersihkan dengan cairan pembersih, tunggu dulu sekitar 15 menit agar cairan pembersih tersebut dapat bereaksi secara maksimal. Jika dirasa sudah cukup, silahkan bilas kaca mobil tersebut menggunakan air bersih yang mengalir hingga terlihat bersih dan bebas dari minyak.

Langkah terakhir, setelah kaca kendaraan dibilas dengan air dan terlihat bersih, baru lap kembali dengan menggunakan lap kering yang bersih agar tidak kembali kotor. Sebaiknya Anda menggunakan lap berbahan micro-fiber yang khusus untuk digunakan pada mobil agar tetap aman.

2. Cara Membersihkan Kaca Mobil Yang Berjamur

Kamu wajib mengetahui cara membersihkan jamur kaca mobil yang sering menjadi masalah. Penyebab kaca mobil berjamur yaitu interior mobil jarang dibersihkan karena adanya sisa-sisa makan pada bagian dalam mobil di dekat kaca.

Siapkan lap kering untuk menggosok jamur menempel pada kaca mobil. Gosokkan dengan hati-hati sampai jamur tersebut menghilang. Hindari menggunakan peralatan tajam berbahan tidak aman untuk menghilangkan jamur, karena dampaknya akan mengakibatkan kaca mobil mengalami kerusakan.

Namun kalau masih ada sisa jamur yang tersisa, gunakan air soda sebagai solusinya. Siramkan air soda tersebut ke lap bersih, gosokkan lap bersih dengan air soda tersebut secara perlahan pada kaca yang berjamur sampai bersih. Kandungan dalam air soda ini akan memudarkan jamur yang membandel.

Selain air soda, pasta gigi juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan jamur pada kaca mobil. Cukup oleskan pasta gigi ke bagian kaca mobil yang berjamur saja. Tunggu selama 1 menit kemudian bersihkan dengan air bersih dan lap dengan kain basah, dan lap menggunakan kain kering yang bersih.

Cara membersihkan jamur kaca mobil juga dapat memanfaatkan air tembakau. Pertama, rendam daun tembakau dengan air biasa selama 20 menit. Setelah itu celupkan lap bersih ke dalam larutan tersebut dan gosokkan pada kaca mobil yang telah dibersihkan. Lalu, bilas dengan air bersih dan gosok dengan lap kering.

3. Cara Membersihkan Kaca Mobil Yang Baret

Bukan hanya menggangu penghilatan, kaca mobil yang baret pasti akan merusak tampilan mobil. Penyebabnya antara lain power window, pemakaian wiper yang sering, dan alat pembersih kaca yang bahannya bisa merusak lapisan kaca mobil. Untuk mengembalikan keadaan seperti semula, penanganannya berbeda tergantung jenis goresan baret.

Jika kaca mobil mengalami goresan yang dalam, sebaiknya melakukan servis mobil saja karena butuh penanganan oleh ahlinya. Namun, jika goresannya tipis, bisa menggunakan beberapa cara khusus secara mandiri di rumah.

Selain menghilangkan jamur, pasta gigi juga bisa digunakan untuk menghilangkan baretan tipis pada kaca mobil. Caranya ambil pasta gigi sedikit saja kemudian oleskan secara merata pada bagian kaca yang tergores. Lalu, bersihkan dengan air bersih dan lap atau kain yang masih bersih.

Cara kedua yaitu menggunakan cairan amonia. Campurkan cairan amonia sebanyak 15 ml dengan setengah liter air bersih dan aduk merata. Lalu ambil kain bersih yang lembut, celupkan pada larutan tersebut, dan gosokkan pada kaca mobil yang tergores. Lakukan dengan hati-hati, dan pastikan jangan terlalu kasar.

4. Solusi Kaca Mobil Kotor yang Sulit Ditangani

Terakhir, jika kaca mobil kalian masih terdapat noda atau kotoran membandel dan sulit hilang, mungkin perawatannya tidak bisa dilakukan sendiri, melainkan harus ke bengkel. Mau tak mau serahkan pada montir yang ahli, dan apabila tidak bisa ditangani akibat masalahnya yang sudah parah, dan bisa bisa kamu harus mengganti kaca mobil dengan yang baru.

Merawat kaca mobil di bengkel lebih terjamin karena minim resiko. Namun kamu harus merogoh kocek cukup banyak jika memang perlu pergantian bagian mobil yang cukup penting ini. Oleh karena itu, selalu bersihkan dan rawat kaca mobil mu agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. [azz/era/timBX] berbagai sumber.

Tags :

#
kaca mobil,
#
baret kaca,
#
bersihkan kaca mobil,
#
kaca mobil berjamur