MENU
icon label
image label
blacklogo

Lima Langkah Ngoprek Mobil saat WFH, Untuk Performance Lebih Besar

APR 07, 2020@16:49 WIB | 1,177 Views

WFH menjadi bagian yang cukup rumit, ketika kondisi pandemi COVID19 semakin meluas. Rencana penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar sudah mulai diketuk, untuk segera diberlakukan di wilayah Pemprov DKI Jakarta. Meski ruang gerak dibatasi untuk keluar, BlackPals masih bisa melakukan serangkaian hoby untuk membuat fisik tetap fresh dalam beraktivitas. 

Pertama, Buka kap mobil Anda, dan perhatian ruang mesin mobil Anda 

BlackPals melihat bahwa mesin mobil hanya sebatas pompa udara yang besar. Untuk dapat membuat bergerak cepat, dibantu dengan  udara yang bergerak cepat mengalir melalui mesin. Langkah selanjutnya mungkin BlackPals harus mempersiapkan asupan udara dingin lebih besar, dan menambahkan kinerja untuk mengeluarkan udara.

Sistem air intake yang diperlukan nanti untuk mengganikan filter udara pabrikan serta rumah intake. Penggantian ini dirancang untuk mengurangi pembatasan udara  dan memperlancar jalur udara ke mesin. Dengan asupan udara lebih besar dari yang ditentukan pabrikan, artinya banyak power yang bisa digunakan  dan akselerasi semakin baik melalui jarum RPM mobil Anda.

Selain air intake si penyuplai udara besar, BlackPals perlu memperhitungkan performa knalpot dan suara knalpot. Paling sederhana BlackPals bisa mengganti muffler pabrikan, dengan muffler berkinerja tinggi seperti brand Flowmaster atau Magnaflow. Namun banyak aftermarket menawarkan handmade karena tetap melibatkan pemotongan dan pengelasan, dan ini menjadi ranah bengkel modifikasi. 

Sekarang sudah banyak dijual alternatif seperti cat back exhaust system. Dengan mengganti sistem buangan mulai dari catalytic converters hingga bagian belakang.  Cat back menawarkan kinerja nyata dengan memindahkan catalytic converters ke bagian paling dekat dengan muffler, dan instalasinya tergolong mudah hanya dengan peralatan sederhana. 

Kedua, Tingkatkan Kualitas Pengereman

Setelah kinerja performance mobil BlackPals mulai meningkat, pertimbangkan faktor pengereman. Karena mobil yang berakselerasi cepat, pastikan mobil tersebut juga bisa berhenti dengan cepat, peningkatan sistem pengereman jadi jawabannya. Untuk mengimbangi performance, BlackPals harus memperhatikan pads, kaliper dan rotornya. Jika ingin menambahkan efek flare, BlackPals bisa mengcustom cover kaliper atau membeli kit brake secara penuh.

Ketiga Pilihan ban dan Handling

Faktor selanjutnya yang mempengaruhi mobil BlackPals bisa berakselerasi cepat adalah pilihan ban. Terutama saat mesin berteriak bekerja di RPM tinggi, BlackPals harus bisa mengendalikan laju mobil. Sementara handling juga sangat berkaitan dengan pilhan ban, dengan gaya mengemudi yang baik.

Setir pabrikan dengan diameter besar biasanya hanya terbuat dari bahan plastik. Secara bahan cukup sulit bertahan bila digunakan dalam kondisi ekstrim. Dengan roda diameter lebih kecil, difinishing kulit suede memberikan kenyamanan yang nyata, terutama grip lebih terasa dan kontrol berkendara yang lebih baik.

Keempat Tingkatkan Fluids dan Cairan Kimia untuk Peformance

Mesin dengan kinerja tinggi, otomatis menghasilkan panas yang tinggi. Jika mesin mobil Anda suka sekali bertemu dengan panas tinggi, maka kebutuhan pelumas lebih ke sintetis. Kelebihan pelumas sintesis, kualitasnya yang tidak cepat rusak. Sementara viskositasnya mampu bertahan lama dalam penggunaan yang lama, kecuali dengan penggunaan ekstrim.

Bukan hanya pada bagian mesin, bagian sintetis dan cairan performance bisa membuat tenaga mesin bertambah, dengan sedikit gesekan. Serta perlindungan yang lebih baik saat kinerja mesin tinggi pada waktu yang bersamaan.

Kelima Remap ECU

Mereka menyebutnya sebagai power programmers, cara sederhana untuk membuat limit daya mobil Anda terbuka lebih tinggi sampai 30 hp. Cukup gunakan kabel data yang menghubungkan ke komputer dengan mengaktifkan diagnostic port untuk mobil produksi tahun 1996 keatas.  Seorang programmer bisa mengakses bagian otak kompuer dan mentuning data terkait konsumsi udara dan bahan bakar ke ruang pembakaran mesin. Termasuk timing pengapian, timing noken as, perpindahan transmisi, batas tekanan performance, daya angkat, dan konsumsi BBM lebih baik. Jadi carilah programmer yang bisa mengkondisikan kinerja mesin Anda secara total.[Ahs/timBX] 


 

Tags :

#
auto tips,
#
modifikasi,
#
5 aspek tuning,
#
performa mobil lebih baik,
#
wfh,
#
covid-19