MENU
icon label
image label
blacklogo

Viar Cross X 250 ES, Hadir Untuk Pro Adventure

DEC 13, 2018@13:00 WIB | 1,368 Views

Motor Adventure semakin banyak digemari di Indonesia. Beberapa  manufacture mencoba mengeluarkan produk terbaiknya, untuk saling bersaing di pasaran. KLX dari Kawasaki dan CRF dari Honda saling berebut kesempatan menjadi armada trail terbaik. Namun jangan lupa, Cross X dari Viar Motor Indonesia telah memiliki varian trail yang cukup beragam, dari 70 cc hingga 250 cc. Kali ini tim Blackxperience.com berkesempatan menjajal langsung Viar Cross X 250 ES sebagai bahan review kami kali ini.

Cross X 250 ES dibangun untuk memenuhi kebutuhan adventure. Motor boleh dibilang menjadi produk andalan pertama dari Viar Motor Indonesia yang bertarung di kelas 250 cc. Sama seperti motor cross lainnya, bodynya menggunakan bahan plastic ABS yang tidak mudah pecah. Sedangkan kelebihan lain telah menggunakan suspensi up side down, yang dapat di readjustable tingkat kekerasannya, efeknya suspensi tersebut mampu memberikan rebound yang lembut baik di jalanan aspal, berpasir atau berlumpur.

Suspensinya diapit oleh segitiga aluminium yang diproses melalui mesin CNC, dan dengan anodize warna merah itu menjadi perhatian tersendiri dari penglihatan kami. Suspensi depan sudah bisa di setting untuk rebound dan ketinggian shock.

Kemudian sebuah speedometer digital, yang menampilkan kecepatan mesin dan menu trip, bekerja atas sebuah sensor kecepatan di sebelah kiri roda. Jadi sudah meninggalkan gaya manual. Selain itu, informasi lain seperti lampu sein dan lampu jauh juga terwakili pada speedometer ini, terkecuali informasi tanki bensin yang minus. Dan indicator RPM juga menjadi bagian pelengkap speedometer.

Dengan tanki bensin berkapasitas 6,7 liter, konsumsi BBM-nya juga lumayan ramah untuk perjalanan 120 kilometer, karena didukung dengan system karburator. Tapi jangan lupa, Black Pals, sekali-kali anda harus mengecek tangki untuk memastikan kebutuhan BBM anda untuk sampai ke tujuan. Bagaimana dengan kelebihan lainnya, kita ulas lebih lanjut.

Rangka deltabox dari Cross X 250 ES ini yang menjadikan motor ini lebih ringan. Dan itu memudahkan kami saat handling ditikungan tajam, atau tanjakan curam. Dibantu dengan handling stang yang nyaman, kopling yang ringan dan tarikan throttle yang spontan, jadi enak dibuat riding jalanan aspal sampai ratusan kilometer sekalipun. Kehadiran handle bar meminimalisir cidera jika terjadi gesekan pada tangan Anda.

Disektor mesin, dengan kapasitas 249,6 cc, silinder tunggal, SOHC, 4 klep,  menghasilkan daya mencapai 24,4 hp pada putaran 9000 rpm dan torsi 23 Nm pada putaran 7000 rpm serta didistribusikan melalui 6 percepatan.  Sepasang cover mesin dan dua buah radiator terinstal dilengkapi fan yang bekerja mendinginkan mesin. Dua buah sirip radiator berfungsi untuk menangkap angin untuk mendinginkan air radiator yang mendidih akibat sirkulasi panas mesin.   Kelebihannya telah menggunakan Manual Multiple Wet Clutch, yang membantu tarikan tuas kopling menjadi ringan, bahkan cukup dengan satu jari saja.

Selain suspensi depan, suspense belakangnya juga telah dilengkapi tabung untuk mendukung adjustable. Anda bisa menyesuaikan rebound dari fast  dan soft.  Sistem prolink-nya juga berhasil menahan keseimbangan motor.  Pihak Viar menyebut system suspense belakangnya dengan monoshock unitrack system.

Nah selanjutnya, Anda bisa juga bisa mengandalkan Viar CrossX 250 ES sebagai motor di jalanan beraspal, karena telah dilengkapi dengan fitur standar, seperti head lamp, stop lamp. Bagian kiri stang telah dilengkapi on-off untuk lampu, pengaturan lampu dekat dan lampu jauh, switch sein dan klakson.  Di bagian stang kopling, terdapat tuas choke untuk membantu menyalakan mesin melalui tombol double starter yang berada di sebelah kanan stang.

Pada bagian system pengereman telah dilengkapi disk plate depan 240 mm, dengan caliper 2 piston. Begitu juga dengan system pengereman belakang juga telah menggunakan disk plat 240 mm dengan single piston.  Bagian swing arm telah didesain seperti gaya motor special engine, terbuat dari bahan aluminium seperti halnya delta box. Kelebihan lain adalah footstep yang didesain dengan tuas lipat, menghindari patah jika terpaksa jatuh dan bebenturan dengan benda keras.

Torsi yang besar, sering kali membuat loncatan yang mengagumkan. Didukung dengan silencer knalpot yang telah berfinishing stainless, menghasilkan suara yang cukup mantap. Jadi topspeednya secara pabrikan memang dikurangi, karena untuk kebutuhan adventure yang lebih banyak menggunakan torsi. Pihak Viar telah melengkapi komponen kelistrikan dengan menggunakan teknologi dari Bosch.

Jika Black Pals ingin meminang sebuah motor cross atau adventure dengan segudang kelebihan untuk kelas medium dan profesional, Cross X 250 ES adalah jawabannya. Viar Motor Indonesia membandrol motor ini di kisaran Rp43.730.000 juta. [Ahs/timBX]

Spesifikasi Cross X 250 ES

  • Dimensi                            2120x810x1250
  • Suspensi Depan               Upside Down 45mm
  • Suspensi Belakang           Monoshock Unitrack System
  • Ukuran Ban Depan           80/100-21
  • Ukuran Ban Belakang      100/100-18
  • Rem Depan                       Disk Brake, Disk Plate 240 mm
  • Rem Belakang                   Disk Brake, Disk Plate 240 mm
  • Tipe Mesin                          4 Langkah SOHC
  • Diameter X Langkah          77 x 53.6 mm
  • Daya Maksimal                  19 KW/9000 rpm (24,4 hp)
  • Torsi Maksimal                   23 N.m/7000 rpm
  • Volume Langkah                 249,6 cc
  • Kopling                                Manual Multiple Wet Clutch

Tags :

#
motor trail,
#
viar cross x,
#
cross x 250 es,
#
viar motor indonesia,
#
bosch

RELATED ARTICLE