MENU
icon label
image label
blacklogo

Review: Citroen DS5, A Uniquely Desained Hatchback

APR 29, 2016@14:00 WIB | 1,909 Views

Mendengar kata Citroen, mungkin terasa asing bagi sebagian orang Indonesia. Karena pabrikan mobil asal Prancis ini sudah cukup lama tidak memiliki distributor resmi di Tanah Air. Namun beberapa produk Citroen mampu diterima pasar Internasional berkat desain dan inovasi uniknya. Berkat Terminal Motor, Blackxperience.com berkesempatan untuk merasakan sensasi hatchback unik nan mewah tersebut.

Menilik tampilan luar Citroen DS5 cukup membuat kami mengerenyitkan dahi. Karena mobil ini tampak layaknya sedan dengan bodi bongsornya namun tidak memiliki bagasi sejatinya sebuah hatchback. Citroen sendiri mengartikan DS generasi terakhir ini sebagai Different Spirit. Selain dimensi, beberapa aksen krom pada grille, kap mesin, pintu samping hingga twin pipe knalpot membuat kendaraan ini tampil elegan.

Kesan sporty didapat dari penggunaan rear lamp dan twin pipe besar. Meskipun berukuran besar, namun knalpot sebelah kiri hanyalah sebuah hiasan saja. Penempatan fog lamp dan sein yang terpisah cukup menarik perhatian.

Masuk kedalam kabin, kami terkesima dengan tata letak interior mobil ini. Pandangan kami langsung tertuju pada atap panoramic Citroen DS5 yang tidak biasa. Disini keunikan mobil buatan Prancis tersebut terpampang jelas berkat atap panoramic yang tirainya terpisah. Desain side by side ini mirip dengan kokpit pesawat terbang tandem.

Sejumlah fitur unggulan dalam kabin DS5 juga jempolan seperti AC climate control dengan dual zone, cruise control, kontrol stabilitas, HUD, head lamp otomatis, jok elektrik dan juga GPS peta Indonesia terupdate. Jajaran tombol terpusat pada bagian tengah konsol dan plafon memberi kesan mewah pada kabin mobil ini. Konon mobil ini dibuat dengan memadukan kemewahan ala sedan eksekutif dan juga stasion wagon.

Citroen DS5 diyakini masih satu platform dengan pabrikan asal Prancis lainnya yakni Peugeot 3008. Dengan berbekal mesin 1.598 cc 4 silinder turbo dan transmisi otomatis 6 percepatan, mobil ini diklaim dapat memberikan pasokan tenaga sebesar 200 dk. Saat kami merasakan peforma DS5, saluran tenaga tidak brutal meski pedal gas ditekan dalam-dalam. Satu hal yang kami cermati, putaran setir terasa berat sehingga akan membuat pengendara cepat letih tatkala berkendara jarak jauh.

Dengan ruang kabin yang lega pengendara dan penumpang Citroen DS5 tetap dapat merasa nyaman dalam kabin. Hanya saja dari sisi pengendara, bentuk kaca yang kecil mengurangi visibilitas ke belakang. HUD yang terletak didepan pengemudi memberikan informasi yang menarik ala mobil-mobil kelas atas. Terima kasih kepada Benni Terminal Motor yang telah memberikan kami kesan pertama dengan mobil Prancis ini. [dw/timBX]


Spesifikasi

Mesin : 4 silinder turbo
Kapasitas : 1.598 cc
Sistem penggerak : front wheel drive
Tenaga Maksimum : 200 hp
Torsi Maksimum : 275 Nm
Transmisi : 6-Speed Automatic
Bahan bakar : Gasoline
Panjang : 4.530 mm
Lebar : 2.128 mm
Tinggi : 1.504 mm
Sumbu roda : 2.727 mm
Ban Depan : 235/45 R18
Ban Belakang : 235/45 R18
Fitur lain : AC with climate control system, Wide panorama Sunroof with 4 pilars, Cruise control, HUD, Automatic headlamp, GPS, Stability control
Harga : call for price
 

Tags :

#
hatchback,
#
autoreview,
#
test ride,
#
citroen ds5,
#
citroen,
#
mobil perancis,
#
mobil sport,
#
car sporty