MENU
icon label
image label
blacklogo

Jaguar F-Pace - SUV dengan DNA Sports Car

APR 27, 2017@13:00 WIB | 1,234 Views

Semakin ramainya pasar SUV membuat pabrikan asal Inggris, Jaguar turut serta ke dalam market yang sedang marak ini. Dengan berbekal pengalaman menciptakan mobil sport maupun sedan berperforma tinggi, Anda dapat berharap SUV pertama dari Jaguar akan mewarisi karakteristik yang sama.

F-Pace merupakan SUV yang pertama kali diciptakan oleh Jaguar, di Indonesia sendiri F-Pace menyapa para pecinta otomotif pada ajang GIIAS 2016 lalu. Saat itu Jaguar memboyong dua varian yaitu R Sport, dan First Edition. Kali ini Tim BlackXperience akan menguji Jaguar F-Pace R-Sport. F-Pace terinspirasi dari C-X17 konsep yang menggabungkan DNA performa murni, pengendalian dan kemewahan Jaguar dengan kepraktisan dan kelapangan ruang kabin.

Desain ekterior milik F-Pace sangatlah dipengaruhi oleh saudaranya, F-Type. Mulai dari bagian bonnet hingga buritan, garis-garis miliknya merepresentasikan kekuatan dari F-type. Headlamp mengadopsi desain ‘J’ Blade DRL. Pada bagian buritan, desain taillight miliknya memperkuat benang merah F-Pace dengan F-Type.

Memasuki bagian kabin, F-Pace disemati dengan interior cerah perpaduan warna hitam dan merah. Penggunaan warna merah untuk melapisi jok menambahkan kesan sporty pada nuansa kabin. Mudah untuk mendapatkan posisi duduk yang ideal, pengaturan jok maupun lingkar kemudi sudah dilengkapi dengan sistem elektrik.

Saat saya menekan tombol start engine, suara yang dihasilkan cukuplah merdu. Anda tidak akan menemukan karakter ‘galak’ seperti saudaranya yaitu F-Type. Hal tersebut memanglah wajar, karena F-Pace diperuntukkan agar bisa dinikmati bersama keluarga. Namun, jika Anda ngotot ingin ‘bersenang-senang’ F-Pace dilengkapi dengan mode Dynamic yang dapat merubah karakteristik mobil sepenuhnya.

Desain konsol tengah terbilang bersih dari beragam tombol-tombol fitur. Bahkan pengaturan gear berbentuk rotary baru akan terlihat saat mesin dinyalakan. Sedangkan untuk pengaturan karakteristik mobil, sistem hiburan, informasi G-Force yang dihasilkan,dan beragam informasi lainnya dapat diakses melalui sistem infotainment.

Instrumental panel yang diadopsi sudah menggunakan sistem digital sepenuhnya, instrumental panel ini juga terintegrasi dengan sistem infotainment. Misalkan saat Anda menggunakan navigasi, instrumental panel dapat menampilkan peta untuk mempermudah Anda melihat navigasi saat mengemudi. Anda juga dapat merubah satuan kecepatan, suhu, bahasa, dan lain sebagainya di sistem instrumental panel.

Lingkar kemudinya dilengkapi dengan banyak fitur yang akan membantu Anda saat berkendara. Terdapat tombol untuk pengaturan sistem hiburan, instrumental panel, pengaturan telepon, dan paddle shift di balik lingkar kemudi. Memasuki ruang baris kedua, ruang kepala maupun ruang kakinya sangatlah memadai. Penggunaan panoramic roof memberikan pencahayaan alami ke dalam ruang kabin, sekaligus memberikan ruang kepala ekstra.

Meskipun pengaturan kemiringan bangku tidak bisa dirubah, posisi duduk sudah cukup nyaman dan memadai. Penumpang belakang akan dimanjakan dengan berbagai fitur yang tersedia, seperti 2 soket usb, soket 12 volt, dan beragam saku penyimpanan. F-Pace dilengkapi dengan 3.0 liter V6 Supercharger yang sanggup menghasilkan tenaga 380 hp dengan torsi puncak 450 Nm.

Tenaga dari mesin disalurkan ke semua roda melalui transmisi otomatis 8 – percepatan. Sistem transmisi ini dilengkapi dengan pengaturan JaguarDrive Control yang memberikan respon optimal saat menggunakan mode berkendara Dynamic. Saat Anda menggunakan Eco mode, transmisi akan memindahkan gear lebih awal untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar, dan mode Rain Ice Snow memberikan akselerasi lembut di jalanan licin untuk mengoptimalkan traksi yang ada.

Memacu Jaguar di sirkuit membuat saya terlupa sedang mengendarai SUV. Memang sistem penggeraknya mengadopsi All Wheel-Drive. Tapi untuk memberikan rasa authentic berkendara layaknya sports car, distribusi torsi mesin disalurkan ke roda belakang hingga 90% dan 10% untuk roda depan di jalanan kering. Pada kondisi tertentu persentasi ini akan berubah mengikuti kebutuhan traksi pada setiap roda, tentu hal tersebut dibutuhkan untuk mengurangi gejala oversteer maupun understeer. Pada kondisi extreme, tenaga dari mesin bisa disalurkan ke roda depan hingga 90% saat roda belakang terdeteksi akan kehilangan traksi.

Jadi bagi Anda yang membutuhkan kepraktisan dan kelapangan kabin dari sebuah SUV yang dipadukan dengan performa 3.0 liter V6 Supercharger, F-Pace akan menjadi pasangan yang cocok dengan Anda. Perpaduan teknologi, mesin supercharger, sistem penggerak AWD, dan pengendaraan khas Jaguar menjadi daya piket yang sulit ditolak.[aag/timBX]

Spesifikasi Jaguar F-Pace R-Sport
Mesin: 3.0 liter V6
Penggerak: All Wheel Drive
Tenaga: 380 hp
Torsi puncak: 450 Nm
Akselerasi 0-100 km/h: 5,5 detik
Velg: Alloy 19 inci
Bodykit: R-Sport
Headlamp: Bi-function Xenon with LED ‘J’ Blade DRL
Harga: Rp 1,999 miliar (off the road)

Tags :

#
jaguar f-pace,
#
review jaguar f-pace,
#
autoreview,
#
blackauto,
#
jaguar f,
#
jaguar