MENU
icon label
image label
blacklogo

All New MINI Countryman Sport JCW - Sama Bagusnya

OCT 25, 2018@15:21 WIB | 1,114 Views

Meski MINI besar tidak begitu saya minati, namun saya terkagum oleh kehadiran versi rakitan lokal (CKD) All New Countryman Sport John Cooper Works (JCW) – bisa jadi inilah mobil MINI dibawah kendali PT BMW Indonesia yang akan mengembalikan kejayaan MINI di masa kini.

Meski sudah CKD, All New Countryman Sport JCW tetap tampil dengan style dinamis yang mengokohkan nama besar MINI sebagai penghasil mobil dengan karakter sport yang kental. Tentu saja unsur kemewahan, kenyamanan dan keamanan di dipadukan dengan takaran yang sama. Namun bukan tradisi MINI untuk memasang pernik hi-tech yang membuat mobil lifestyle seperti kendaraan eksperimen. MINI menciptakan All New Countryman Sport JCW sebagai crossover terkini dengan teknologi up-to-date yang berfungsi sepenuhnya dan memang benar-benar dibutuhkan.

Keren, bukan? Proporsinya MINI banget namun bisa memuat anggota keluarga layaknya SUV, dan itu yang diharapkan. Soal desainnya yang unik. All New Countryman Sport JCW kelihatan lebih kuat - efek keseluruhan membuat dia lebih tinggi secara visual, terlihat makin kokoh. Tapi, menarik bagaimana cara desainer MINI membuat garis sempurna. Mereka secara telaten memoles tiap panel bodi, di samping atap dan bagasinya.  

Ornamen lampu jadi kontributor utama. Headlamp LED serasi dengan bonnet dan gril honeycomb design berukuran besar. Berbekal pengalaman panjang, MINI mengembangkan sasis yang sangat efisien serta mencakup semua aspek pengendaraan dan pengendalian. Sasis kaya akan bahan ringan paduan aluminiun untuk meningkatkan performa. As roda depan dikawal suspensi double wishbone sementara yang belakang integral multi link di belakang tidak beda dengan model MINI lainnya yang terkenal akan ‘Gokart handling-nya’.  

All New Countryman Sport JCW punya mesin sempurna untuk mendukung jiwa saya yang muda dan aktif. Mesin ini sangat kuat untuk kapasitas 1.998 cc yang mampu menyemburkan tenaga 192 HP. Tapi, yang lebih penting adalah ia menciptakan torsi yang cukup, daya 280 Nm. Juga ada tombol di tengah tuas transmisi bertuliskan ‘Sport’. Ini penting, fitur untuk mengatasi tantangan yang dihadapi mobil ini.

Tekan tombol starter. Mesin terdengar sangat bersih dan jernih. Ia menyembur dengan tenang, dengan suara dari dalam saluran buangnya.  Biasanya, di mobil bertransmisi otomatis konvensional, perpindahan gigi transmisi berdasarkan putaran mesin. Namun, pada All New Countryman Sport JCW, selain putaran mesin, transmisi berpindah juga disesuaikan dengan sistem navigasi yang di-development sendiri oleh tim BMW Group.

Bahkan tidak harus Anda menentukan tujuan terlebih dahulu, komputer mobil akan membaca otomatis rute yang akan Anda lalui apakah ada tikungan atau tanjakan maupun turunan untuk menentukan posisi gigi transmisi yang pas. Evolusi ini membuat All New Countryman Sport JCW lebih lincah dan presisi tanpa mengabaikan kenyamanan dan stabilitas. All New Countryman Sport JCW menjadi jalan untuk memikat kelompok konsumen yang selama ini tidak pernah melirik merk ini.

Mobil ini juga memiliki banyak tenaga – sangat terasa di setiap putaran, apalagi pada putaran atas. Anda akan merasakan selintas hentakan turbo yang lembut (yang tidak bisa disebut lag) pada throttle, tapi suara yang keluar tetap beradab dan memiliki torsi yang sangat ideal untuk melahap tikungan sempit dengan cepat atau menyalip kendaraan lain.

Di dalam, perbedaan dari tipe MINI lain tidak begitu dramatis, semuanya familiar. Saya langsung merasa nyaman dibalik 'kokpit'-nya – seperti memakai celana jeans kesukaan.  Ketika sudah masuk, tidak sabar rasanya untuk melesat. Tapi saya diam di tempat, setidaknya beberapa menit awal. Karena terpaku melihat keanehan yang disajikan mobil ini. Kabinnya cantik dan terlihat lebih indah dari eksteriornya, karena lebih inventif, progresif, dan lebih aristokrat.

Kursinya berkualitas, terbalut kulit anyaman yang indah.  Posisi kemudi cukup pas. Tidak ada jarak berlebih antara pengemudi dan roda kemudi. Tidak ada masalah antara jarak kaki dengan pedal. Kemudinya pas, pedal-pedalnya tidak terlalu jauh dari lantai.

Perpaduan warnanya juga sangat harmonis. Penumpang depan mendapat akses ke air conditioning, radio, telephone, trip information di panel instrumen terpampang di layar MINI Connected berwarna yang dapat dilihat oleh semua penumpang. Proses keluar masuk juga lebih mudah karena pintu lebih besar dengan bukaan lebih lebar. Demikian pula bagasi yang besar dan bisa menyimpan banyak barang bawaan.

Kenyaman penumpang didukung juga oleh interface yang memungkinkan pengaturan audio dan penyejuk ruangan (dual zone) terintegrasi dalam satu panel. Kontrol dilakukan lewat monitor. Untungnya monitor ini tidak bisa digunakan untuk menyetel film jadi tidak menggangu konsentrasi pengemudi.

Dan, MINI adalah pabrikan pertama yang menyediakan fitur tersebut sehingga pengemudi dan penumpang tetap terkoneksi dengan dunia luar setiap saat, melakukan posting dalam perjalanan melalui Facebook dan Twitter. Apalagi, didukung dengan tatanan suara kelas wahid dari Harman Kardon.

Dari semua kelebihan itu membuat MINI Countryman S ini layak untuk dimiliki, karena anda akan mendapatkan semua kelebihan MINI (handling, tampilan, gengsi) sekaligus dengan ruang kabin yang lebih luas dan nyaman. [bil/timBX]

Spesifikasi All New MINI Countryman S

Mesin: 4-silinder MINI Twin Power Turbo Technology
Transmisi 8-percepatan sport otomatis
Kapasitas: 1,998 cc
Tenaga: 192 hp pada 5,000-6,000 rpm
Torsi maksimum: 280 Nm dari 4,600 rpm
Akselerasi: 0-100 km/h dalam 7.4 detik
Kecepatan puncak: 225 kpj.
Harga: Rp 865.000.000

Tags :

#
all new mini countryman sport jcw,
#
mini countryman,
#
review mini countryman