MENU
icon label
image label
blacklogo

Zoox Perkenalkan Taksi Masa Depan Nan Otonom dan Fungsional

DEC 22, 2020@16:00 WIB | 781 Views

Setelah diakuisisi oleh Amazon pada pertengahan tahun ini, Zoox meluncurkan kendaraan otonom listrik pertamanya. Perusahaan yang merupakan anak perusahaan independen di bawah Amazon.com, Inc. itu mengatakan, taksi tanpa awak ini dirancang untuk lingkungan padat dan perkotaan.

Menurut rilisnya, Zoox didirikan pada 2014 dan menggunakan kombinasi kecerdasan buatan, robotika, desain kendaraan, dan energi berkelanjutan untuk menciptakan kembali transportasi pribadi. Mereka membayangkan masa depan yang lebih aman, lebih bersih, dan lebih menyenangkan bagi semua orang.

Robotaxi otonom baru buatan Zoox di Amerika Serikat memiliki desain gerbong dan dapat menampung hingga empat penumpang yang duduk berhadapan. Dan tentu saja, tidak ada setir karena taksi sepenuhnya tanpa pengemudi.

Selain itu, dapat mencapai kecepatan hingga 75 mil per jam (121 kilometer per jam), serta menawarkan kemampuan dua arah dan kemudi empat roda. Dengan panjang hanya 3,63 meter (12 kaki), ini cukup kompak untuk menyesuaikan ruang sempit dan dapat mengubah arah tanpa perlu mundur.

Tenaga berasal dari baterai 133 kWh, yang memungkinkan robotaxi Zoox beroperasi selama 16 jam terus menerus dengan sekali pengisian daya. Kapasitas baterai ini adalah salah satu yang terbesar yang tersedia di pasaran pada saat ini.

Selain itu, taksi otonom Zoox diklaim memiliki 100 fitur keselamatan yang tidak ditemukan pada kendaraan biasa dengan pengemudi. Kendaraan berteknologi tinggi ini termasuk kantong udara untuk tempat duduk gerbong, yang disebut-sebut setara dengan peringkat keselamatan kecelakaan bintang lima untuk keempat kursi. Kendaraan ini juga menggunakan kombinasi kamera, radar, dan LIDAR untuk memiliki bidang pandang 270 derajat di keempat sudut kendaraan, secara virtual menghilangkan semua blind spot.

"Mengungkap kendaraan kami yang berfungsi dan mengemudi adalah tonggak sejarah yang menarik dalam sejarah perusahaan kami dan menandai langkah penting dalam perjalanan kami untuk menerapkan layanan pemesanan kendaraan otonom," kata Aicha Evans, Kepala Eksekutif Zoox.

Taksi tanpa pengemudi Zoox saat ini sedang dalam tahap pengujian di Las Vegas, San Francisco, dan Foster City. [dhe/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
zoox,
#
mobil listrik otonom,
#
mobil listrik,
#
mobil otonom