MENU
icon label
image label
blacklogo

ZF Kembangkan Airbag Khusus Kendaraan Otonom

NOV 27, 2018@20:00 WIB | 2,393 Views

Pemasok transmisi ternama asal Jerman, ZF, ternyata tidak hanya memproduksi komponen transmisi, namun juga airbag. Dalam simposium Airbag 2018 di Mannheim, Jerman pada Minggu ini, ZF mempresentasikan external pre-crash airbag, yaitu dual-contour airbag yang melindungi penumpang di bagian samping. External pre-crash airbag atau Airbag pra-kecelakaan yang dipasang di samping kendaraan mobil otonom akan mengembang dengan sendirinya jika sebuah mobil otonom mendeteksi kendaraan yang bergerak cepat yang mendekat dari samping.

Sistem komputer dalam kendaraan otonom tersebut akan membaca apakah kendaraan yang datang dari samping mampu atau tidak mampu menghentikan lajunya. Apabila terdeteksi tidak berhenti, Airbag akan bereaksi dengan airbag yang mengembang dalam milidetik sehingga kendaraan aman dari benturan.

“Keamanan pengendara dan seisi penumpangnya sangat penting ketika mengembangkan kendaraan baru untuk mengemudi secara otomatis dan otonom,” kata Dr Michael Büchsner, Kepala Divisi Sistem Keamanan ZF.

“Konsep kami tentang external pre-crash airbag adalah contoh yang bagus tentang bagaimana ZF ingin mencapai Vision Zero-nya, dunia tanpa kecelakaan dan bebas emisi,” lanjutnya.

ZF mengklaim, external pre-crash airbag dapat mengurangi tingkat keparahan benturan beban dalam tabrakan samping hingga 40 persen. Mengenai dual-contour airbag atau airbag dual-kontur, saat ini sedang dikembangkan untuk digunakan di dalam kabin kendaraan khusus otonom. ZF mengklaim bahwa mereka akan melindungi penumpang dalam posisi duduk yang fleksibel dan akan menjadi bagian integral dengan kursi sehingga dapat melindungi penumpang kursi belakang.

“Persyaratan uji baru dari Euro NCAP, dijadwalkan akan diperkenalkan pada tahun 2020. Penemuan  kami akan memperluas persyaratan keamanan penumpang untuk sisi samping sehingga melindungi penumpang lebih baik lagi,” kata Norbert Kagerer, Kepala Pengembangan Sistem Keamanan ZF.

“Di masa depan, airbag di bagian sisi mungkin diperlukan untuk menerima peringkat keamanan kecelakaan bintang lima,” tutupnya.[prm/timBX]

Tags :

#
autonews,
#
zf,
#
airbag,
#
otonom,
#
transmisi,
#
euro ncap,
#
external pre-crash airbag,
#
dual-contour airbag