MENU
icon label
image label
blacklogo

Yamaha Yardbuilt XSR700 House of Cool, Ketika Builder Mobil Dipaksa Modifikasi Motor

MAR 24, 2020@17:30 WIB | 191 Views

Modifikasi House of cool mengangkat Yamaha XSR700. Sementara modifikasi yang ditampilkan ini bagian dari kampanye Yardbuilt Yamaha yang telah berlangsung mulai 2011 hingga sekarang. Tercatat lebih dari 65 unit motor custom dibangun dengan tema kolaboratif. Impact besar yang didapatkan dari manufakture bergambar garputala tersebut cukup memberikan kontribusi positif, terutama sebagai masukan produsen Yamaha untuk mengembangkan produk terbarunya. Dan sekaligus memberikan red stamp bahwa Yamaha punya produk yang gampang dimodifikasi.

Seluruh builder motor di dunia dilibatkan dalam proyek modifikasi ini, tanpa ada batas aturan sedikit pun. Kali ini bengkel House of Cool dari Portugal dipilih karena kemampuan mereka merestorasi mobil, dan tawaran ini menjadi challenge tersendiri bagi bengkel tersebut. Walhasil, hasil customisasi bergaya Street Scrambler ini menjadi heritage series yang paling popular. 

Proyek modifikasi Yamaha XSR 700 ditangani seorang builder Tomas Da Costa Lima. Dimulai dengan membuat sketsa yang kemudian diterjemahkan dalam pengerjaan. Gaya street scrambler dipilih karena lebih modern, terinspirasi dari gaya Yamaha TT dan XT500. 

Secara desain, bodywork telah menggunakan monocoque, ban dual purpose dikombinasi dengan gaya velg klasik, serta elemen estetika pelengkap terinspirasi gaya iconic Yamaha. House of Cool menyebut modifikasinya dengan nama baru X700 concept.

Teknis pengerjaan terbilang klasik. Bodywork dibuat menggunakan teknik dari busa (foam) yang dibentuk dengan skala 1:1 dengan part yang akan dibuat. Sementara braket diciptakan khusus secara fabrikasi. Desain digital kemudian diproduksi 3D printing, sementara part berbasis alumunium dikerjakan melalui FABcast.

"Memilih cast alumunium (teknik cor) menjadi keputusan radikal dan berani. Pilihan frame menjadi cukup berisiko," tutur Pedro. "Banyak orang bertanya, mengapa tidak diproses secara 3D printing, tetapi pilihan kami tidak banyak untuk dieksekusi. Secara final, teknik casting menjadi kekayaan kami, dimana ketidaksempurnaan ciri khas, daripada cacat produksi," lanjutnya.


Dua panel alumunium membungkus tangki bahan bakar, memanjang hingga ke bagian ekor.  Sementara tutup tangki dimodifikasi menggunakan logo lambang kaktus dari House of Cool.  Lubang-lubang berbentuk jajaran genjang memanifestasikan kecepatan. Sementara dua lubang terakhir difungsikan untuk titik ventilasi dari lubang knalpot yang tersembunyi dengan brand Art on Wheels.

Sementara permukaan panel difinishing brush effect. Bagian jok desain monocoque dengan busa yang empuk dibalut dengan kulit suede berwarna coklat. Sementara fender depan dipasang tinggi, untuk kemampuan offroad, dan lampu belakang LED dengan polycarbonate lens berwarna merah. Velg jari-jari digunakan brand Kineo, dan handlebar dari Renthal serta grip dari Biltwell. Aksen adventure diperlugas dengan stone guard untuk lampu depan, serta pelindung radiator.

Secara totalitas, House of Cool Yardbuilt XSR700 adalah sisi lain kemampuan builder mobil membangun motor. Yamaha berharap ini menjadi awal dari desain-desain pabrikan yang baru untuk produk globalnya.[Ahs/timBX]

Tags :

#
yamaha,
#
modifikasi,
#
yardbuilt xsr700,
#
house of cool