MENU
icon label
image label
blacklogo

Yamaha Umumkan Tim VR46 Untuk Moto2 2022

NOV 17, 2021@09:00 WIB | 547 Views

Yamaha telah mengumumkan akan memperluas kehadiran grand prix dari MotoGP untuk memasukkan operasi Moto2 pada tahun 2022, bekerja sama dengan VR46 Master Camp milik Valentino Rossi.

Seperti yang dilaporkan oleh sejumlah media internasional awal tahun ini, Yamaha akan bergabung dengan VR46 Master Camp untuk menurunkan dua motor di kelas menengah kejuaraan dunia untuk membuka jalan untuk mengembangkan rider muda. Yamaha telah bekerja dengan VR46 dalam skema Master Camp-nya sejak 2016, dan telah menghabiskan lima musim terakhir di FIM CEV.

Dalam rilis yang dikeluarkan oleh Yamaha, tim akan sepenuhnya dimiliki dan didanai oleh Yamaha Motor Company, sementara VR46 akan mengambil alih manajemen dan akan dipimpin oleh Gelete Nieto sebagai direktur olahraga. Tim akan menurunkan peserta VR46 Master Camp dan ‘wildcard’ Moto2 pada 2021 yaitu Keminth Kubo, serta rider World Supersport yaitu Manuel Gonzalez.

Alessio Salucci selaku direktur akademi rider VR46 mengatakan: “Yamaha VR46 Master Camp adalah proyek yang sangat bagus dari VR46. “Ide program ini lahir di kantor Valentino di kantor pusat VR46 di Tavullia. Hal ini dibuat berdasarkan percakapan yang dilakukan Valentino dan (petinggi Yamaha) Lin Jarvis di sana. Mereka memiliki tujuan bersama untuk membantu talenta muda internasional Yamaha, seperti yang dilakukan VR46 Riders Academy untuk rider lokal Italia.

“Sejak dimulainya proyek pada tahun 2016, setiap tahun program pelatihan Yamaha VR46 Master Camp dan tim CEV meningkatkan kualitas mereka untuk mencapai level yang lebih tinggi. Tim kejuaraan dunia Moto2 baru ini merupakan tantangan baru bagi kami serta dua talenta muda kami: Kubo dan Gonzalez. Saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk berterima kasih kepada Yamaha Motor Company, Thai Yamaha Motor, dan Yamaha Motor Europe yang telah memungkinkan hal ini terjadi."

“Kolaborasi ini sekali lagi menunjukkan betapa termotivasinya Yamaha untuk membantu generasi bintang balap berikutnya. Saya tidak sabar untuk memulai babak menarik dari program Master Camp Yamaha VR46.”

Tim tersebut akan menjadi salah satu dari tiga tim VR46 di dunia balap grand prix tahun depan, dengan tim VR46 resmi melanjutkan balapan di Moto2 pada 2022 serta melangkah ke MotoGP dengan Luca Marini dan Marco Bezzecchi. Keputusan Yamaha juga sejalan dengan keputusan KTM dan Honda, yang mengoperasikan tim di Moto2 meskipun tidak memiliki kehadiran teknis yang sebenarnya di kelas bertenaga Triumph karena Ajo KTM dan Honda Team Asia menggunakan sasis Kalex.

Belum dipastikan sasis apa yang akan digunakan tim baru Yamaha VR46 Master Camp pada 2022, setidaknya sampai debut on-track pada tes pra-musim di Valencia pada bulan Februari. [dhe/shf/timBX]

Tags :

#
moto2,
#
yamaha,
#
vr46,
#
motogp