MENU
icon label
image label
blacklogo

Yamaha R1 Hanya Akan Tersedia Dalam Versi “Track Only” Mulai 2025

FEB 27, 2024@14:00 WIB | 160 Views

Beberapa waktu lalu, Yamaha sempat mewacanakan akan menghentikan produksi motor sport ikonik mereka yaitu R1. Baru-baru ini, brand yang dijuluki “Garpu Tala” ini masih akan tetap menghadirkan R1 namun dalam versi yang khusus dipakai di Sirkuit atau “Track Only”.

Melansir Motorcyclenews, Senin (26/2/2024), disebutkan bahwa versi “Track Only” ini akan mulai diberlakukan pada 2025 mendatang. Selain Yamaha R1 versi standar, versi R1 M yang punya spesifikasi mendekati motor balap World Superbike ini juga hanya dihadirkan dalam versi “Track Only” tersebut.

Yamaha menyebut bahwa versi “Track Only” ini masih menggunakan basis model yang saat ini beredar. Mereka berencana tidak akan melakukan pengembangan R1 versi terbaru karena aturan emisi Euro5+ yang sangat ketat di Benua Eropa.

Dengan tetap dilanjutkannya produksi R1 ini meski hanya berstatus “Track Only”, membuat pengembangan versi motor balap mereka tetap dilanjutkan. Divisi Yamaha Racing juga menyebutkan selain World Superbike, motor ini tetap akan digunakan pada balap ketahanan Endurance World Championship.

Yamaha terakhir kali memberi update pada motor sport R1 ini pada tahun 2020 silam. Saat itu, mereka melakukan ubahan di beberapa sisi agar bisa sesuai dengan standar emisi Euro 5. Diantaranya seperti bagian sasis yang lebih rigid, serta settingan mesin dan paket aero hingga elektronik yang juga dirombak signifikan.

Buat penggemar motor-motor Superbike, setidaknya sedikit bernafas lega meski Yamaha R1 ini nantinya hanya tersedia dalam versi “Track Only”. Karena dibuat dalam versi khusus ini, kemungkinan produksi Yamaha R1 kedepan juga akan dikurangi karena tidak jual lagi secara bebas seperti sebelumnya. [edo/timBX]

Tags :

#
yamaha,
#
yamaha r1,
#
track only,
#
motor sport,
#
edisi terbatas