MENU
icon label
image label
blacklogo

Yamaha MT-09 2024 Terungkap di Jepang

NOV 02, 2023@12:30 WIB | 217 Views

Satu dekade setelah kemunculan pertamanya pada tahun 2013, Yamaha MT-09 2024 hadir dengan peningkatan perlengkapan dan pembaruan kosmetik untuk musim tahun depan. Ini termasuk item seperti jok, suspensi, sistem pengereman dan tangki bahan bakar. Mesin tetap sama dengan mesin 890 cc Crossplane CP3 inline-triple yang menggerakkan MT-09. Mesinnya sudah memenuhi standar EU5+ dan menghasilkan tenaga 119 PS pada 11.000 rpm dengan torsi 93 Nm pada 7.000 rpm.

Gearbox enam kecepatan dengan assist dan slipper clutch dilengkapi dengan quickshifter naik-turun generasi ketiga Yamaha, menyalurkan tenaga ke roda belakang. Yamaha telah memasukkan "kisi-kisi akustik" ke dalam tangki bahan bakar yang didesain ulang untuk menonjolkan suara frekuensi tinggi, terutama pada kecepatan lebih tinggi.

Yang baru pada MT-09 adalah panel instrumen TFT-LCD 5 inci dengan konektivitas ke smartphone pengendara melalui Bluetooth dan aplikasi Yamaha MyRide. Layarnya juga dilengkapi navigasi peta lengkap menggunakan aplikasi Garmin StreetCross dan dikombinasikan dengan headset helm.

Selain itu, mode berkendara pada MT-09 dapat dikontrol melalui tombol stang baru atau menggunakan aplikasi MyRide. Tiga mode berkendara Sport, Street dan Rain tersedia bersama dengan dua mode yang dapat disesuaikan.

Intertial Measurement Unit (IMU) enam sumbu, yang dikembangkan dari superbike Yamaha R1, memberi MT-09 tiga tingkat kontrol traksi. IMU juga mengatur kontrol geser, pengangkatan roda depan dan kontrol rem, ditambah Back Slip Regulator (BSR) yang mengontrol penguncian roda belakang saat pengereman keras dengan membatasi torsi mesin.

Garpu depan dapat disetel sepenuhnya dengan fork upside-down berdiameter 41 mm, sedangkan monoshock belakang dapat disetel dan dilengkapi dengan review linkage untuk pengendaraan yang lebih mulus. Ban Bridgestone Battlax Hypersport S23M dipasang pada velg forged. Ketinggian tempat duduk pada MT-09 ditetapkan pada 825 mm sementara tangki bahan bakar berkapasitas 14 liter dan bobot tercatat 193 kg.

Perubahan kosmetiknya mencakup housing baru untuk lampu depan LED, yang kini menjadi unit tertutup penuh yang mengalir ke tangki bahan bakar baru. Posisi kursi MT-09 direvisi untuk tahun 2024, dengan stang kini diatur lebih rendah dan dapat disesuaikan ke salah satu dari dua posisi. Sandaran kaki pengendara juga dapat disesuaikan, sementara joknya kini menjadi unit dua bagian. Untuk Eropa, ada tiga pilihan warna untuk MT-09, Midnight Cyan, Icon Blue dan Tech Black. [ibd/zz/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
yamaha mt-09 2024,
#
yamaha mt-09,
#
yamaha