MENU
icon label
image label
blacklogo

XR338, Pelacak Jalan Ala Harley Davidson Bagi Pengendara Muda

NOV 16, 2020@16:30 WIB | 488 Views

Awal tahun ini, rumor dan spekulasi tentang sepeda motor kapasitas kecil untuk pasar India mulai mengemuka. Namun Harley Davidson baru saja mengumumkan kesepakatan distribusi dan manufaktur dengan Hero MotoCorp India — meninggalkan masa depan '338' yang tidak pasti. Sementara itu, rumah desain industri Italia telah melihat potensi dalam ide motor pelacak jalan kecil silinder ganda — jadi mereka membuat prototipe mereka sendiri yang berfungsi penuh. Dan seperti motor yang dibocorkan Harley Davidson, ia menggunakan Benelli 302S yang seharga USD$ 4.299 sebagai basisnya.

Berbasis di dekat Bologna, Engine Engineering didirikan pada tahun 1979 oleh Alberto Strazzari. Mereka mengkhususkan diri dalam desain dan pengembangan sepeda motor, dan telah bekerja dengan OEM seperti Honda, Yamaha, Suzuki, Ducati, Benelli, dan banyak lainnya. Mereka juga memiliki staf yang berjumlah sekitar seratus — jadi mereka memiliki pengetahuan dan tenaga untuk melakukan pekerjaan modifikasi seperti ini.

Dijuluki dengan label XR338, pelacak jalanan kecil yang berani ini ditujukan langsung ke pasar AS, dan dengan mempertimbangkan pasaran dari kalangan pengendara yang lebih muda. Itu adalah proyek gairah untuk pria EE di Amerika Utara, Michael Uhlarik, yang juga merupakan desainer pemenang penghargaan. “Sebagian besar pengendara sepeda motor AS mendapatkan pengalaman pertama mereka mengendarai sepeda motor di tanah, di ladang pertanian, atau di trek datar,” katanya.

“Tahun ini adalah peringatan 50 tahun Harley-Davidson XR750 yang legendaris, tidak hanya pelacak datar tersukses dalam sejarah, tetapi juga salah satu sepeda motor terindah yang pernah dibuat. Dulu pelacak yang dapat diakses dibuat yang menangkapnya, dan membuatnya tersedia untuk generasi baru”.

XR338 ini lebih dari sekedar latihan desain. Dan ini adalah prototipe yang bisa diproduksi. E&E merancang motor berjuluk XR338 ini dengan mempertimbangkan peraturan saat ini, termasuk standar Euro 5, dan sertifikasi DOT dan CARB AS. Mereka membutuhkan 120 hari untuk membangun prototipe ini, yang menurut mereka 70% siap untuk produksi massal. Dan akan membutuhkan waktu kurang dari enam bulan untuk membuat 30% terakhir, jika sudah ada lampu hijau.

Benelli 302S yang dibangun di atasnya adalah silinder kembar 300 cc RAW yang terjangkau, yang menghasilkan 37,5 hp (28 KW) dan torsi 18,9 lb-ft (25,6 Nm). Tapi sumbangan ini tidak cukup. Maka E&E telah membuat perubahan pada rangka utama, menukar desain teralis Benelli untuk urusan yang lebih mengalir. Ia juga mendapat ECU baru dan knalpot knalpot, dan sepasang roda 18 inci yang dikerjakan khusus untuk proyek ini. Suspensinya telah disesuaikan untuk memperhitungkan ukuran roda baru, dan massa sepeda yang direvisi.

Tetapi tim berhati-hati untuk tidak mengubah mesin dasar hingga menjadi tidak praktis. Chief engineer proyek, Daniele Alvisi, menjelaskan bahwa tim "bekerja sangat keras untuk menjaga karakteristik kinerja dasar Benelli, untuk mengurangi biaya dan memaksimalkan keandalannya".

Duduk di atas basis Benelli yang dimodifikasi adalah satu set lengkap potongan bodywork baru. EE menggunakan proses yang sama dengan setiap pabrikan besar: sketsa, rendering, patung tanah liat, dan kemudian pembuatan prototipe akhir. Komponen sebenarnya kemudian dicetak 3D dalam plastik ABS, tetapi dirancang agar dapat diproduksi dalam skala yang lebih besar, menggunakan injection molding. Di bawah panel tangki terdapat reservoir baja, yang juga dirancang dengan mempertimbangkan produksi massal. Kuk, setang, dan anak tangga semuanya baru, dan penghitung kecepatan adalah unit KOSO dalam rangka aluminium, dengan antarmuka CAN-BUS yang memungkinkannya berjalan mulus dengan Benelli. Desainnya diakhiri dengan pencahayaan LED yang terintegrasi rapi di kedua ujungnya. [inn/asl/timBX] berbagai sumber  

Tags :

#
hero motocorp india,
#
harley davidson,
#
motor custom,
#
kustomisasi motor