MENU
icon label
image label
blacklogo

Wuling Hongguang Mini EV Dibanderol Rp 80 Jutaan

MAY 06, 2020@16:50 WIB | 200 Views

Wuling nampaknya cukup serius untuk mengembangkan kendaraan bertenaga listrik, terbukti pada saat acara Indonesia Electric Motor Show yang digelar pada bulan September 2019, Wuling menghadirkan mobil listriknya yang diberi nama E100 dan E200.

Dan baru baru ini, perusahaan joint venture SAIC-GM-Wuling secara resmi telah merilis gambar resmi dari mobil mini empat kursi bertenaga listrik murni keluaran terbaru. Mobil baru ini mengadopsi gaya desain kotak dan kompak yang secara keseluruhan terinspirasi dari Kei Car Jepang. Menurut kabar yang beredar, mobil baru ini akan secara resmi mulai dijual pada tahun ini.

Dari segi penampilan, mobil baru ini tampaknya menjadi versi yang lebih kecil dari Wuling Hongguang PLUS. Desain persegi yang kompak membuatnya terlihat sangat dinamis. Secara desain, fascia depan mobil ini terlihat elegan dan futuristik berkat tarikan garis garis lurus yang melintang diantara lampu depan. Pada saat yang sama, gril depan yang tidak memiliki lubang terlihat menyatu dengan lampu depan yang berbentuk persegi.

Dalam hal ukuran, mobil baru yang diberi nama Mini EV ini memiliki panjang 2917 mm, lebar 1493 mm, dan tinggi 1621 mm, sedangkan jarak sumbu rodanya hanya 1940 mm dan berat kosong 665 kilogram. Meskipun terlihat kecil, namun mobil ini memiliki kapasitas yang dapat menampung hingga 4 penumpang dan masih menyisakan ruang kecil dibagasi belakang untuk menyimpan barang bawaan penumpang, namun jika masih membutuhkan space yang cukup besar, kursi baris kedua dapat dilipat dan bisa menyimpan koper berukuran 26 inci.

Dari sisi tenaga, mobil baru ini akan dilengkapi dengan penggerak motor dengan daya maksimum 27 hp atau 20 kW. Mobil ini memiliki baterai berjenis lithium-ion ternary dari Octillion Energy yang memiliki dua pilihan kapasitas baterai yakni, 96 Ah dan 144 Ah dan memiliki daya 9,2 kWh dan 13,82 kWh. Yang dapat menempuh jarak 150 hingga 200 km dengan sekali pengisian penuh. Yang lebih mengesankan, mobil mungil ini dapat mencapai kecepatan tertinggi hingga 100 km/jam.

Sayangnya Hongguang Mini EV ini rencananya akan dijual untuk pasar China saja yang akan mulai dijual ada kuartal ketiga tahun ini. Belum ada bocoran mengenai harga jual untuk Mini EV ini, namun diperkirakan mobil ini akan memiliki rentang harga sekitar $ 5.000 hingga $ 10.000 atau sekitar Rp.75.515.000 hingga Rp.151.030.000 dalam kurs saat ini.

Kita berharap semoga Wuling Motors Indonesia bisa menghadirkan Hongguang Mini EV ini ke pasar otomotif tanah air.[rid/asl/timBX]

Tags :

#
wuling hongguang mini ev,
#
mobil listrik,
#
indonesia electric motor show,
#
wuling hongguang plus