MENU
icon label
image label
blacklogo

Wujud Mesin ACE Bobber dengan Motor KTM 620

MAY 10, 2021@15:00 WIB | 651 Views

Mewujudkan sebuah imajinasi besar tentu tak mudah. Hebatnya, Edi Buffon punya keterampilan jempolan untuk mewujudkan KTM endure dengan bobber barebone. Edi selalu membuat kreasi kendaraan dari awal dan memberikan sentuhan akhir yang luar biasa untuk dikendarai.

Berbasis di Sydney, Edi dulunya adalah pekerja di luar jam kerja — sampai dia berhenti dari pekerjaannya, dan sekarang ia bekerja paruh waktu untuk bisnis pembuatan sepeda motor sederhana.

Untuk kreasinya yang satu ini terinspirasi dari motor Ace buatan Amerika tahun 1920-an. Edi melihat Ace, iklan baris lokal menayangkan endure KTM 620 LC4 model 2000 di dealer KTM. Ia pun memutuskan untuk membelinya.

Setelah memastikan motor silinder tunggal LC4 itu sehat, Edi lalu menjalankan batang kemudi dan meletakkannya di jig rangka. Selanjutnya, rangka baja yang kokoh dibuat dengan penggaruk 35 derajat dan jarak sumbu roda 1.500 mm. Setelah rangka utama dilas, Edi membuat bagian depan menjadi front end yang kaku, seperti Ace yang membuatnya terinspirasi.

Tetap dengan menggunakan ukuran asli KTM, dipasangkan roda 21F / 18R, yang dilapisi bubuk hitam, dengan jari-jari baja tahan karat, dan dibungkus dengan karet Avon. Karena membutuhkan tenaga pengeraman, maka Edi tetap mempertahankan sistem rem Brembo asli untuk roda depan.

Pada bagian kemudi menggunakan stang radius tunggal yang dibuat khusus, tanpa lampu atau starter elektrik.

Untuk memunculkan kesan vintage, pada proyek ini Edi tak hanya menggunakan baja, tetapi juga mencoba membentuk aluminium yang diaplikasikan pada 'tangki' aluminium kembar. Pada bagian sisi kiri menampung bahan bakar, sedangkan sisi kanan menampung komponen listrik sepeda motor.

Pada proyek ini, Edi juga membuat satu komponen yang sangat modern yakni radiator. Ia membeli sepasang radiator aluminium baru, dan memasangnya di bagian depan sepeda motor.

Pada kursi jok Edi menggunakan beberapa pegas dan diakhiri dengan menggunakan baja ringan, baja tahan karat, dan kuningan, ditambah sedikit krom dengan sentuhan kulit cokelat tua untuk menyelesaikannya.

Dari keseluruhan proyek ini, Edi  menilai ini adalah kreasinya yang paling mudah, karena tidak ada komponen rumit yang dikerjakan. [eli/asl/timBX]

Tags :

#
mesin ace bobber,
#
mesin ace,
#
bobber,
#
motor kustom,
#
custom motor,
#
ktm 620