MENU
icon label
image label
blacklogo

WSBK: Sudah Juara Dunia, Alvaro Bautista Sapu Bersih Seri Jerez

OCT 30, 2023@11:00 WIB | 237 Views

Setelah memastikan mempertahankan gelar juara dunia sehari sebelumnya, Alvaro Bautista tetap tampil menggila di dua balapan terakhir World Superbike musim ini. Pembalap Aruba Ducati yang memenangi race pertama seri Jerez sehari sebelumnya, kembali memenangi dua balapan pamungkas pada seri terakhir musim 2023 ini.

Dimulai dari balapan Superpole Race, balapan ini diwarnai dengan pengibaran bendera merah di lap kedua karena adanya tumpahan oli dari motor Dominique Aegerter. Akibatnya beberapa pembalap seperti Iker Lecuona terjatuh karena tumpahan oli. Bahkan ia harus dibawa ke medical akibat insiden ini.

Ketika balapan kembali dilanjutkan, Aegerter sebenarnya sempat memimpin lomba sesaat. Namun dalam beberapa lap, Bautista akhirnya kembali mengambil alih pimpinan lomba. Hingga akhirnya ia berhasil memenangi Superpole Race didepan Aegerter. Posisi ketiga diraih Jonathan Rea setelah memenangi duel melawan Toprak Razgatlioglu.

Lanjut ke race kedua yang berlangsung di sore hari, duel panas dan ketat juga tersaji dalam balapan sepanjang 20 lap tersebut. Duel seru terjadi melibatkan tiga pembalap teratas musim ini, Jonathan Rea, Toprak Razgatlioglu, dan Alvaro Bautista.

Namun nasib sial dialami Rea pada lap kelima lomba. Ia terjatuh di tikungan kedua dan gagal mempersembahkan kemenangan di balapan terakhirnya bersama Kawasaki. Ia sendiri memang masih bisa melanjutkan lomba meski pada akhirnya hanya finis di posisi 17.

Hilangnya Rea dari persaingan, ternyata memunculkan nama baru dalam persaingan meraih kemenangan. Dominique Aegerter yang tampil luar biasa di Superpole Race, kembali tampil ok di race kedua ini.

Meskipun begitu, seiring berjalannya lomba, Aegerter sulit untuk menandingi kecepatan Toprak dan Bautista dan harus puas finish ketiga. Kedua pembalap ini bersaing hingga untuk meraih kemenangan di balapan pamungkas musim ini.

Pada akhirnya Toprak keluar sebagai pemenang mengalahkan Bautista di lap terakhir. Namun sayangnya, Toprak diganjar hukuman turun satu posisi setelah melanggar track limit di lap terakhir. Dan hasil akhirnya, Bautista berhasil keluar sebagai pemenang dan menyapu bersih tiga lomba di Jerez tersebut. [edo/timBX]

Tags :

#
wsbk,
#
world superbike,
#
jerez,
#
balap motor,
#
alvaro bautista