MENU
icon label
image label
blacklogo

WRC Safari Rally 2022 Sudah Mulai, Medan Lebih Berat

JUN 23, 2022@16:30 WIB | 99 Views

WRC Safari Rally 2022, atau yang juga dikenal sebagai Safari Rally Kenya, sudah dimulai dari hari ini (23/06) hingga hari minggu (26/06). Tahun ini akan menjadi penyelenggaraan ke-69 dan ajang ini adalah putaran keenam World Rally Championship (WRC) 2022. 

Para pembalap yang mengikuti WRC Safari Rally 2022 ini akan mengikuti sembilan belas etape yang menempuh jarak sekitar 362 kilometer. Sehari sebelumnya, para pebalap berkesempatan untuk menyesuaikan diri dengan medan reli Afrika melalui sesi shakedown, sebelum acara resmi dimulai pada Kamis pagi di Kota Nairobi.

Selama pemanasan 5,04 kilometer di Loldia, Naivasha, Juara Dunia Reli FIA, Kalle Rovanpera, berhasil unggul lima persepuluh detik di depan penantang gelar terdekatnya, Thierry Neuville, yang mengendarai Hyundai i20 N. Sebastien Loeb sendiri tertinggal 1,3 detik, saat melintasi dataran indah yang menghadap ke Lembah Rift yang indah dengan M-Sport Ford Puma.

Sementara kondisi di Naivasha tampak panas terik, keadaan bisa menjadi berlumpur saat Kenya memasuki musim hujan kedua pada akhir Juni. Selama acara tahun lalu, pemenang Rally Safari WRC 2021, Sebastien Ogier, meraih posisi teratas mengendarai GR-Yaris sebelum rekan setimnya Kalle Rovanpera mencatat waktu benchmark pada putaran kedua.

Banyak pembalap mengantisipasi trek yang lebih sulit tahun ini. “Kami pertama kali merasakan panggung Safari yang sebenarnya pagi ini di atas penggeledahan sepanjang 5,4 kilometer. Ini adalah balapan yang sangat menyenangkan, tetapi tusukan pada operan kedua menghabiskan waktu kami,” kata Craig Breen, pembalap dari M-Sport Ford World Rally Team.

Pemenang Reli Safari WRC 2021, Sebastien Ogier, mengatakan kepada WRC, “tampaknya tahun ini persaingan akan lebih ketat. Saya tidak menyangka kondisi kasar seperti yang kita lihat di Recce, dan jalannya bahkan lebih lembek dari tahun lalu”, jelasnya.

WRC Safari Rally 2022 secara resmi dimulai hari ini di KICC (Kenyatta International Convention Center) yang ikonik. Para pembalap akan melakukan sprint singkat dua kali ke Moi International Sports Stadium Kasarani Stadium di Nairobi, sebelum bergerak 100 kilometer ke kota suaka margasatwa, Naivasha, di mana WRC Safari Rally 2022 berlangsung. [fdlh/era/timBX] berbagai sumber.

Tags :

#
world rally championship,
#
rally,
#
wrc,
#
wrc safari rally 2022,
#
auto sport