MENU
icon label
image label
blacklogo

Wow, Kia Sorento dan Land Rover Defender Punya Sistem Keselamatan Bintang Lima

DEC 21, 2020@17:30 WIB | 370 Views

Kia Sorento dan Land Rover Defender telah mencapai peringkat keselamatan bintang lima dari Program Penilaian Mobil Baru Australasia (ANCAP) di bawah standar pengujian tahun 2020 yang lebih ketat, menjadikan dua SUV besar baru di antara yang teraman di kelasnya.

Hanya segelintir kendaraan baru yang berhasil mencapai kelas di bawah protokol terbaru ANCAP, dengan pengujian ditunda tahun ini karena Covid-19 dan beberapa model dinilai berdasarkan standar yang lebih mudah berdasarkan pengujian Euro NCAP yang dilakukan pada tahun 2019.

Beberapa perusahaan seperti Hyundai Australia juga belum memasang model baru untuk pengujian karena biaya yang dikeluarkan dan kemungkinan mereka tidak akan mencapai peringkat bintang lima di bawah situasi pengujian yang lebih ketat, dan sedan Hyundai i30 2020 adalah contohnya.

Dalam mengumumkan hasil untuk Kia Sorento dan Land Rover Defender, direktur penjualan mobil, komunikasi dan advokasi ANCAP Rhianne Robson mengatakan: “2020 telah menjadi tahun perubahan yang signifikan, tetapi kami senang melihat merek kendaraan terus menyadari pentingnya keselamatan bintang lima meskipun standarnya meningkat.”

Robson mengatakan Kia Sorento baru berkinerja baik di berbagai uji tabrakan fisik tetapi sangat mengesankan dalam kategori Safety Assist, di mana model Korea Selatan mencetak 89% - nilai tertinggi di bagian ini dicapai hingga saat ini di bawah kriteria pengujian 2020.

Namun peringkat tersebut hanya berlaku untuk varian Sorento bertenaga diesel. "Kia Sorento memperkenalkan sejumlah fitur baru ke segmen SUV besar termasuk sistem pengereman darurat otonom canggih dengan kemampuan pengereman untuk mencegah tabrakan saat berbelok di depan kendaraan lain," kata Robson. “Sistem pemantauan pengemudi juga dipasang sebagai standar.

"Untuk kendaraan dengan ukuran dan massanya, Sorento juga menawarkan tingkat kompatibilitas yang baik dengan kendaraan lain untu mengurangi risiko cedera serius pada penumpang kendaraan lawan."

ANCAP mengatakan dalam catatan pengujiannya bahwa Land Rover Defender baru juga menunjukkan "kinerja yang kuat" di empat area utama penilaian keselamatan.

"Perlindungan penumpang dewasa dan perlindungan penumpang anak mendapat skor yang baik, dengan poin maksimum dicatat untuk penghuni dewasa di uji tabrakan samping dan oblique pole, dan untuk penghuni anak-anak di uji dampak samping dan offset depan," kata Robson.

“Berbeda dengan Sorento, struktur depan Defender menghadirkan risiko yang lebih tinggi bagi penumpang kendaraan yang melaju dalam kecelakaan, dan akibatnya skornya dalam uji offset frontal berkurang.”

SUV Inggris itu juga menuai kritik karena tidak memiliki titik jangkar tambatan teratas untuk kursi anak di baris ketiga opsional.

Peringkat tersebut berlaku untuk varian Land Rover Defender 110 saat ini. ANCAP telah memberi tahu penjualan mobil bahwa mereka saat ini bekerja dengan Jaguar Land Rover Australia untuk menentukan apakah pembaruan MY21 yang akan datang akan membawa tag bintang lima yang didambakan. Peringkat tersebut diharapkan dapat dipertahankan, tetapi konfirmasi harus diberikan awal tahun depan. [dhe/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
kia sorento,
#
land rover defender,
#
sistem keselamatan kia,
#
ancap,
#
suv