MENU
icon label
image label
blacklogo

Wajah Baru Honda CBX 1000 Dari Prancis, Cafe Racer Ciptaan Dimitri

AUG 18, 2020@17:30 WIB | 352 Views

Sepeda motor gede dengan mesin enam silinder nampaknya tidak begitu menarik perhatian. Faktanya memang hanya segelintir saja yang menerapkan. Di mana kini hal tersebut diperuntukkan bagi si ‘mammoth tourers’ yang memberikan sentuhan mistis tersendiri untuk Honda CBX 1000.

CBX 1000 merupakan motor sport andalan honda di masanya, yang mana penjualannya lebih banyak dari CB900F. Saat ini, status kultus semakin dekat — karenanya Dimitri di Lys Motorcycles memilih CBX 1000 untuk dicustomisasi. Berbasis di wilayah utara Prancis di Hauts-de-France, Dimitri membangun sepeda motor khusus untuk sementara waktu, tetapi ini baru menjadi pertunjukan penuh waktu selama setahun terakhir. Jadi dia butuh sepeda pribadi yang bisa dia pamerkan di acara-acara, lalu muncullah CBX 1000 di benaknya.

“Saya memilih CBX untuk mesinnya,” kata Dimitri kepada Bike Exif, “dan terutama suara dari enam silinder. Dengan FCR carbs dan menyatukan enam knalpot yang nampak menjadi seperti mobil Formula 1.”

Dimitri memulainya dengan CBX model 1982 — model yang ditingkatkan yang menampilkan sistem mono-shock Pro-Link Honda. Sebab dia juga mengerjakannya di sela proyek klien, butuh waktu setahun untuk menyelesaikannya… tapi dia benar-benar memanfaatkan waktu itu dengan sangat baik.

Idenya ialah memadukan unsur-unsur modern dan klasik, sekaligus menjaga kesan agresif. Daftar teratasnya, mempersempit motor untuk menampilkan pembangkit listrik luar biasa, dan untuk memberikan running gear CBX yang layak untuk reputasinya yang mengerikan. Karenanya, ia memasang satu set garpu terbalik Öhlins, yang ditahan oleh kuk yang dibuat khusus. Mereka dihubungkan ke roda depan dan rem radial Brembo dari Aprilia RSV1000R.

Di bagian belakang CBX Custome tampil paling menonjol. Dimitri berhasil menerapkan single-sided swing-arm, shock, roda dan rem dari Ducati 1098. Hal itu disebutnya bukan konversi plug-and-play. Di mana seluruh bagian belakang rangka dibangun kembali dengan dudukan kejut dan subframe baru. Bahkan, Ia harus mengutak-atik rangka dan menambahkan pinion offset, untuk menyempurnakan kesejajaran roda dan rantai.

Bodywork tidak tersentuh. Dimitri hanya merapikan bagian tangki bahan bakar yang menyatu dengan jok OEM, serta merapikan bagian bawahnya. Lalu dibungkusnya dengan serat karbon dan menambahkan tutup gas Monza untuk mendapat kesan klasik. Penutup belakang juga diterapkan serat karbon dan dilengkapi jok kulit hitam dari ADCsellerie, kolaborator Lys Motorcycles.

Di bawah penutup ada serangkaian komponen elektronik baru: baterai Lithium-ion, pengontrol m.unit Motogadget, dan relay starter. Seluruh sepeda telah dipasang kembali, ada kunci kontak tanpa kunci Motogadget, dengan titik kontak terpasang di dalam jok.

Kokpitnya dilengkapi clip-on aftermarket, dengan lebih banyak suku cadang Motogadget — termasuk grip, sakelar, dan sinyal belok, dan speedo digital yang dipasang di bagian atas. Silinder utama adalah unit Brembo, dan lampu depannya menggunakan rangka klasik dengan internal LED. Sepasang rearset Tarozzi melengkapi kontrol.

Kendati Dimitri membangun CBX 1000 untuk pertunjukan, ia pun merombak motor dengan seluruh segel dan gasket baru, serta memeriksa dan menyesuaikan jarak bebas. “Ini membawa lebih banyak HP ke mesin,” kata Dimitri, “dan benar-benar mengubah suara enam silinder.” [asl/timBX]

Tags :

#
honda cbx 1000,
#
kustomisasi honda cbx 1000,
#
dimitri,
#
cafe racer