MENU
icon label
image label
blacklogo

VW Gunakan Sistem Kuantum untuk Mengatur Kendaraan Umum

NOV 07, 2018@15:30 WIB | 1,048 Views

Volkswagen percaya bahwa teknologi dapat membawa tatanan lalu lintas di perkotaan menjadi lebih baik. Menggunakan sistem komputasi kuantum D-Wave, VW mengklaim telah mengembangkan sistem yang dapat secara akurat memprediksi pola lalu lintas perkotaan serta membantu mengelola armada kendaraan seperti taksi.

Komputer kuantum beroperasi menggunakan mekanika kuantum dan hukum fisika yang menggambarkan perilaku materi pada tingkat sub-atomik. Mekanika ini memungkinkan mereka untuk menyandikan informasi dengan lebih banyak cara daripada komputer digital konvensional yang pada gilirannya memungkinkan pemrosesan yang lebih besar. Dalam hal ini, VW berusaha memanfaatkan pemrosesan itu untuk mengelola lalu lintas perkotaan.

Nantinya, sistem manajemen lalu lintas eksperimental ini akan menggunakan data pergerakan anonim yang dikumpulkan dari smartphone atau pemancar di kendaraan. Komputer konvensional menggunakan data ini untuk menghitung jumlah kendaraan dan orang-orang di daerah tertentu. Kemudian, komputer kuantum akan mengambil alih untuk menyarankan cara terbaik dalam menggunakan kendaraan.

Jika sistem ini berlaku, nantinya kendaraan umum seperti bus dan taksi akan dapat langsung menuju ke lokasi dimana banyak calon penumpang. Tentu hal ini akan membuat konsumsi bahan bakar kendaraan umum akan menjadi lebih efisien lantaran kendaraan umum tersebut lebih produktif daripada hanya berkeliling-keliling mencari penumpang. Selain itu, calon penumpang pun akan lebih cepat mendapatkan taksi maupun bus dan tidak perlu lama menunggu.

Produsen mobil berencana untuk menguji sistem ini di Barcelona terlebih dahulu karena kota tersebut sudah memiliki set data yang memadai untuk situasi kota metropolis yang sibuk. VW dan D-Wave sebelumnya menggunakan komputasi kuantum dalam demonstrasi untuk melihat apakah sistem tersebut dapat mengurangi kemacetan lalu lintas di Beijing.

Manajemen lalu lintas bukan satu-satunya potensi yang digunakan untuk komputasi kuantum yang dilihat oleh VW. Produsen tersebut juga percaya sistem tersebut dapat digunakan dalam ilmu material dan akan membantu menemukan bahan baru untuk baterai mobil listrik . Di tempat lain, tepatnya di industri otomotif, Ford mencari untuk menemukan penggunaan untuk komputasi kuantum karena perusahaan tersebut baru-baru ini bermitra dengan NASA untuk menerapkan teknologi pada manajemen armada kendaraannya.[prm/timBX]

Tags :

#
autonews,
#
volkswagen,
#
vw,
#
komputasi kuantum,
#
d-wave,
#
lalu lintas