MENU
icon label
image label
blacklogo

VW Dan XPeng Bakal Hadirkan SUV Listrik, Kapan Meluncur?

MAR 01, 2024@11:00 WIB | 160 Views

Dua brand dari dua negara berbeda, Volkswagen dan XPeng menghadirkan sebuah kolaborasi menarik. Kedua brand ini ternyata sudah menandatangani kerjasama untuk membuat sebuah produk SUV berteknologi listrik untuk pasar Tiongkok dan siap meluncur tahun 2026 mendatang.

Melansir Carscoops, Kamis (29/2/2024), disebutkan bahwa SUV listrik kerjasama kedua brand ini menggunakan ukuran medium. Artinya secara kelas, nantinya mobil ini akan setara dengan VW Tiguan. Nantinya mobil ini akan dijual dengan brand VW namun dengan teknologi dan penggerak listrik dari XPeng.

Tahun lalu sendiri, VW membeli saham XPeng sebesar 4,99 persen dengan harga saham mencapai 700 juta Dolar AS. Dengan hal ini membuat kedua brand ini akhirnya secara resmi bakal menghadirkan produk mobil kerjasama mereka.

Chairman dan CEO XPeng, Xiaopeng He menyebut kerjasama mereka dengan VW merupakan awal baik untuk pengembangan mobil listrik mereka. “Volkswagen sudah memiliki reputasi yang sangat baik, terutama di sektor mobil listrik. Dipadu dengan sumber daya yang kami miliki, tentunya ini menjadi sebuah hal yang menarik”, ungkap Xiaopeng.

Kerjasama VW dengan XPeng ini menjadi bukti bahwa mereka ingin menguasai pasar mobil listrik di Tiongkok. Tahun lalu, VW harus mengakui keunggulan BYD yang menjadi brand dengan penjualan mobil listrik tertinggi di negara tersebut.

Ralf Brandstatter selaku perwakilan VW di Tiongkok menyebut pasar mobil listrik yang terus berkembang membuat pihaknya harus lebih banyak berinovasi. “Kerjasama kami dengan XPeng ini selain meningkatkan kepercayaan konsumen pada kami, namun juga bisa menghemat biaya pengembangan yang bisa kami tekan”, ungkap Ralf.

Meski belum diketahui produk pertama kerjasama kedua brand ini, kabarnya mereka akan menggunakan basis XPeng G9 SUV. Mobil yang meluncur di tahun 2022 silam ini menjadi EV dengan pengisian daya terkencang. Diketahui mobil ini punya tenaga hingga 543 Hp dan torsi 717 Nm serta dengan jarak tempuh jauh hingga 702 Km. [edo/timBX]

Tags :

#
volkswagen,
#
vw,
#
xpeng,
#
kerjasama,
#
suv,
#
mobil listrik,
#
ev