MENU
icon label
image label
blacklogo

VW dan Ford Jalin Kerjasama dalam Memproduksi Kendaraan Komersial

NOV 23, 2018@10:00 WIB | 2,719 Views

CEO Volkswagen, Herbert Diess, secara resmi mengonfirmasi kabar bahwa raksasa otomotif ternama asal Jerman tersebut akan bekerja sama dengan Ford dalam membuat kemitraan untuk memproduksi kendaraan komersial. Lebih lanjut lagi, kemitraan antara kedua perusahaan otomotif tersebut hanya seputar kemitraan saja, bukan merger antar perusahaan.

Pada konferensi pers tahunan pertemuan antar dewan VW Group, Diess menjelaskan bahwa perusahaan akan mengembangkan kendaraan komersial dengan produsen mobil yang berbasis di  Dearborn tersebut dan memungkinkan akan timbulnya potensi kerjasama lain dengan Ford di luar kendaraan komersial itu.

Usaha patungan yang terletak pada pengembangan kendaraan komersial ini, akan mencakup kemajuan teknologi mobil listrik dan fungsi otonom. Menurut Diess, kedua hal tersebut merupakan inti dari aliansi. Ketika dikaitkan kembali dengan kemungkinannya kedua perusahaan tersebut merger, CEO Volkswagen tersebut dengan tegas mengatakan tidak akan terjadi penyatuan perusahaan lantaran tujuan awalnya ialah hanya memproduksi kendaraan komersial.

Diess menambahkan bahwa VW Group telah meningkatkan investasi untuk lima tahun kedepan dalam mewujudkan produksi teknologi kendaraan listrik, otonom, dan angka investasinya terus meningkat pesat. Peningkatan ini mencakup sekitar sepertiga dari total biaya perusahaan untuk periode tersebut dengan 30 miliar euro akan digunakan untuk mobilitas listrik seperti pengembangan powertrain dan belanja infrastruktur. 

Dalam hal lanskap kendaraan listrik global (EV), Diess melihat beberapa alasan bagi sebagian besar pelanggan untuk menolak kendaraan listrik sebagai pilihan paling logis pada tahun 2020.

“Bagi mereka yang berkendara kurang dari 30.000 kilometer per tahun, kendaraan listrik akan menjadi pilihan pertama mereka,” ujar Diess.

Kepala Dewan VW Works, Bernd Osterloh, menyatakan dorongan perusahaan untuk membangun pabrik manufaktur baterai yang dekat dengan tempat mobil listrik VW diproduksi karena VW saat ini memiliki tiga pabrik kendaraan listrik yang sedang beroperasi di seluruh Jerman. Dengan begitu, sangat cocok jika VW bekerjasama dengan Ford dalam pembuatan kendaraan komersial. Terlebih lagi, Ford saat ini sedang menguji coba kendaraan otonomnya.

Selain itu, Ford juga menegaskan sedang menjalin kemitraan strategis dengan kelompok otomotif India, Mahindra bulan lalu, yang akan memiliki dua produsen mobil bersama-sama dan mengembangkan solusi kendaraan untuk masa depan.[prm/timBX]

Tags :

#
autonews,
#
volkswagen,
#
ford,
#
vw,
#
kendaraan komersial,
#
herbert diess,
#
mobil listrik,
#
mahindra,
#
kemitraan kerja