MENU
icon label
image label
blacklogo

VW Beetle Listrik Juara Drag, 400 Meter Hanya 8 Detik

MAY 04, 2020@19:00 WIB | 181 Views

Speed is all the essence, jika Blackpals suka dengan balapan drag dan mobilnya, mungkin mobil legendaris ini adalah jawabannya. Bukan hal yang istimewa memang jika kita lihat Volkswagen Beetle di lintasan drag race, tapi apa jadinya jika mobil ini sudah diubah jadi mobil listrik?

Yap VW Beetle ini telah di-swap dengan seluruh komponen mobil listrik drag race. Tak hanya itu, yang membuatnya legenda adalah catatan dunia sempat pecah olehnya dalam balap seperempat mil atau 400 meter hanya dalam waktu 8 detik saja.

Menurut akun YouTube VeeDubRacing, ‘pesawat roket’Beetle ini dikendari oleh Sam Young dan dibangun dari rangka sasis tubular. Sedangkan, body Beetle ini terbuat dari carbon fiber dan spesialnya roda belakang digerakkan oleh tiga motor listrik masing-masing beruuran 9 inci. Lebih jauh lagi, tenaga listrik mobil ini disimpan dalam baterai lithium cobalt-oxide yang jumlahnya tak kurang dari 864 buah.

Dalam lintasan lurus di Santa Pod Raceway, Inggris, Beetle ini mampu melaju kilat 8,28 detik untuk jarak 400 meter, dan saat ini merupakan rekor tercepat. Sayangnya, Beetle ini terpaksa harus tumbang karena kecelakaan yang dialaminya pada tahun 2017 lalu. Tapi, tenang Sam Young selamat dan masih mengerjakan proyek barunya.

Mobil yang turun dikelas XS 400V pada saat itu mampu mencatat waktu kecepatan 159 mph atau sekitar 255 kph. Mengaggumkan bukan, dan perlu dicatat, kecepatan tersebut diraih hanya dalam waktu 8 detik saja.

Kini mobil legenda tersebut telah hancur, tapi proyek monster drag masih terus berjalan, mari kita tunggu saja gebrakan selanjutnya. [leo/asl/timBX]

Tags :

#
vw beetle listrik,
#
volkswagen beetle,
#
mobil listrik,
#
pesawat roket