MENU
icon label
image label
blacklogo

Volvo XC40 Full Elektrik Dipastikan Akan Dijual Sebelum Akhir Tahun

APR 02, 2019@12:02 WIB | 764 Views

Sejak para pabrikan mobil mulai gencar dalam melakukan langkah elektrifikasi, sejak saat itu jugalah Volvo mulai berkomitmen untuk serius dalam menghadirkan mobil-mobil listrik. Apa yang dikatakan Volvo itu bukanlah sesuatu yang menjadi omomg kosong, karena mereka memang sudah menyiapkan mobil-mobil listrik untuk dijual, salah satunya adalah XC40 full elektrik.

Volvo XC40 sebenarnya bukanlah mobil yang benar-benar baru, karena sekarang, mobil bergenre SUV ini sudah dijual di Amerika Serikat dan banyak negara di Eropa. Akan tetapi, model yang dijual masih mengandalkan mesin konvensional, ini berlaku di semua negara yang sudah menjual Volvo XC40.

Bagi yang belum tahu, Volvo XC40 mengandalkan mesin diesel berkapasitas 1.969 cc empat silinder dengan turbocharged, yang sanggup memuntahkan tenaga sebesar 150 dk di 3.750 rpm, dan torsi 320 Nm yang terbentang dari 1.750 – 3.000 rpm. untuk penggeraknya, XC40 hadir dalam opsi penggerak depan dan All Wheel Drive (AWD).

Lalu, bagaimana dengan versi full elektrik dari Volvo XC40? Dikutip dari Automotive News, ada kemungkinan kalau Volvo XC40 full elektrik bakal mengusung jantung pacu yang sama dengan yang digunakan oleh Polestar 2. Artinya, akan ada sepasang motor listrik, yang mana setiap unitnya memiliki tenaga sebesar 204 dk dan torsi 330 Nm.

Tak ketinggalan ada baterai berkapasitas 78 kWh, yang dalam kondisi penuh diklaim dapat menjalankan mobil sejauh 500 km. Walau angkanya terlihat menggiurkan, tapi perlu diingat kembali kalau jantung pacu ini bisa saja tidak diaplikasikan pada Volvo XC40, karena brand mobil asal Swedia ini masih memilih-milih kapasitas baterai dan motor listrik yang dianggap paling cocok untuk XC40 full elektrik.

Bila semuanya berjalan sesuai rencana, maka Volvo XC40 full elektrik akan diluncurkan sebelum akhir tahun ini. Walau belum banyak informasi yang didapat tentang XC40 full elektrik, termasuk dengan waktu pasti peluncurannya, namun Volvo sudah berani menegaskan kalau mereka akan menghadirkan lagi mobil full elektrik, pasca rilis XC40.

Hal tersebut merupakan bagian dari strategi Volvo untuk memiliki varian full elektrik pada setiap produknya. Di samping itu, ini juga merupakan langkah yang dilakukan Volvo untuk mencapai target penjualan mobil full elektrik sebanyak 50% dari total jumlah penjualan mobilnya di seluruh dunia.

Tags :

#
volvo xc40,
#
mobil listrik