MENU
icon label
image label
blacklogo

Kolaborasi Geely Zeekr-Waymo Kembangkan Platform Untuk Robotaxi

NOV 22, 2022@12:00 WIB | 1,036 Views

Geely Zeekr menggandeng perusahaan self-driving milik Google, Waymo, untuk menciptakan sebuah platform baru untuk kendaraan robotaxi listrik.

Kedua perusahaan ini ingin mengalahkan kompetitor lain yang mengembangkan EV otonom dengan teknologi level 4.

Platform baru EV otonom ini akan bernama SEA-M, yang berasal dari Sustainable Experience Architecture (SEA) yang diharapkan dapat mendukung robotaxis dengan teknologi otonom Waymo.

Platform ini akan memiliki tampilan seperti MPV—bentuk yang disukai oleh konsep futuristik jenis ini sejak puluhan tahun lalu—dengan lantai rendah dan atap yang relatif tinggi. 

Tapi itu juga menggabungkan beberapa elemen konsep gaya lounge seluler yang telah kita lihat dalam beberapa tahun terakhir, termasuk pintu depan geser, karena banyak pabrikan mobil telah tiba di tata letak umum yang sama.

MPV bertubuh kecil dimaksudkan agar dapat diakses secara instan dari kedua sisi. Platform itu sendiri merupakan evolusi dari Zeekr 001, yang merupakan EV pertama perusahaan seperti namanya.

Mungkin aspek yang paling tidak biasa dari konsep yang terungkap di LA adalah tidak adanya pilar B di kendaraan, dan pintu bergaya kereta bawah tanah yang terbuka. 

Hal ini memungkinkan penumpang untuk masuk ke kursi depan dan belakang sekaligus, di kedua sisi kendaraan. Seluruh bentang dari dua pintu terbuka adalah 4,6 kaki, yang menyajikan titik masuk yang sebanding dengan minivan modern.

"Dengan lantai datar dan rasio poros terhadap panjang yang luas, desainer telah mampu memaksimalkan ruang interior dengan desain kapsul," catat Zeekr. 

"Tulang punggung E/E canggih SEA-M memberdayakan layar multifungsi yang memungkinkan pengguna untuk tetap terhubung atau terhibur di jalan." lanjutnya

Zeekr belum membagikan spesifikasi powertrain mendetail dari platform SEA-M sejauh ini, meskipun kami pasti dapat memperkirakan jarak tempuh setidaknya beberapa ratus mil darinya.

Untuk waktu rilisnya Zeekr menyebutnya dalam waktu yang relatif dekat. Perusahaan berencana untuk mulai memproduksi robotaxi pada tahun 2024 untuk armada Waymo, yang baru-baru ini mengumumkan penyebaran operasi otonomnya ke Los Angeles. [wic/dera/timBX] berbagai sumber.

Tags :

#
geely,
#
waymo,
#
zeekr,
#
ev,
#
kendaraan otonom,
#
mobil listrik otonom