MENU
icon label
image label
blacklogo

Volvo Hubungkan Cina dan Eropa

JUN 06, 2017@23:00 WIB | 151 Views

Volvo Cars telah menjadi pembuat mobil pertama di dunia yang mengekspor mobil hasil rakitan pabriknya di Cina ke Eropa menggunakan kereta api melalui inisiatif perdagangan 'One Belt, One Road' Cina yang baru.

Model S90 premium pertama, yang dibangun di pabrik Daqing di Cina, telah tiba di sebuah pusat distribusi di Zeebrugge, Belgia bulan ini. Mobil-mobil tersebut telah dikirim ke Belgia melalui jalur kereta api Cina-Eropa yang baru dibuka. Jalur tersebut meghemat waktu yang dibutuhkan untuk mengangkut kendaraan ke Eropa sebesar dua pertiga dibandingkan dengan rute angkutan laut, yang berarti pelanggan menerima mobil mereka lebih cepat setelah memesan.

Rute kereta api tersebut juga menghubungkan strategi manufaktur dan logistik global Volvo dengan arus perdagangan bernilai multi-miliar Euro antara Cina dan Eropa dan apa yang disebut One Belt, One Road Initiative yang bertujuan membangkitkan kembali rute perdagangan Silk Road yang telah lama ditinggalkan untuk era baru Perdagangan global

Jalur kereta api tersebut juga menggambarkan bagaimana Cina berubah menjadi pusat manufaktur dan ekspor global untuk produk konsumen kelas atas. Volvo adalah pembuat mobil pertama dari negara barat yang mengekspor mobil premium buatan Cina ke AS pada tahun 2015 dengan model S60. Pada bulan November tahun lalu, Volvo mulai membangun versi sedan premium S90 kelas atas di Daqing untuk ekspor global, dan akan segera membangun semua kendaraan S90 di pabrik tersebut untuk ekspor global.

Dengan waktu tunggu yang lebih pendek bagi pelanggan, kereta api juga merupakan solusi cerdas dalam dampak lingkungan yang ditimbulkan dari operasional logistik. Dengan jarak yang sama, emisi CO2 per ton/km berkurang sepertiga dengan memilih kereta api ketimbang transportasi laut. Dalam hal ini, penghematan akan lebih tinggi lagi jika dihitung berdasarkan jarak yang lebih pendek.

Masing-masing kereta yang dibuat khusus untuk mengangkut mobil Volvo yang dikirim dari Daqing ke Zeebrugge membawa sekitar 120 unit mobil Volvo, yang diangkut dalam kontainer yang dirancang khusus. Satu kontainer menampung tiga mobil dengan sudut yang berbeda untuk memaksimalkan penggunaan ruang yang tersedia di dalamnya. Perlengkapan khusus memastikan mobil diikat selama transportasi agar tidak bergerak. [bil/timBX]

Tags :

#
volvo s90,
#
volvo