MENU
icon label
image label
blacklogo

Volkswagen Umumkan 2 Pabrik Produksi Mobil Listrik

NOV 16, 2018@15:30 WIB | 2,880 Views

Hari ini, Volkswagen mengumumkan akan mengubah dua pabrik lagi menjadi produksi kendaraan listrik dan bermitra dengan SK Innovation untuk memproduksi battery cell. Awal tahun ini, VW mengumumkan bahwa pabrik Zwickau akan menjadi yang pertama yang menggunakan listrik.

Produsen mobil Jerman tersebut berencana memproduksi 1.500 mobil listrik per hari di pabrik tersebut. Menurut jadwal produksi baru yang diumumkan minggu ini, pabrik Emden dan Hanover masuk ke dalam daftar pabrik yang akan dikonversi untuk menghasilkan kendaraan listrik.

"Emden sudah ditetapkan akan memproduksi kendaraan listrik dari 2022. Di Hannover, model ID.Buzz yang bertenaga listrik mungkin akan diproduksi mulai 2022 bersama dengan kendaraan bertenaga konvensional lainnya,” ujar juru bicara Volkswagen.

Lokasi-lokasi tersebut akan menghasilkan kendaraan produksi berdasarkan konsep kendaraan konsep "ID" VW yang didukung oleh platform MEB baru untuk kendaraan listrik.

ID, yang merupakan kendaraan seukuran VW Golf , diharapkan menjadi kendaraan listrik pasar massal pertama mereka untuk model tahun 2020.  VW juga meluncurkan sedan ID VIZZION, kemudian Crossover listrik yang masih Concept, ID CROZZ , dan kemudian  ada ID BUZZ microbus listrik,  yang akan diproduksi di Hanover pada tahun 2022. Volkswagen akan mulai memindahkan produksi model yang saat ini diproduksi di Emden dan Hanover ke pabrik-pabrik Group lainnya selangkah demi selangkah.

“Kami bergerak cepat untuk dapat memproduksi kendaraan listrik. Emden dan Hannover akan menjadi model pabrik mobil listrik lebih lanjut di Jerman. Bersama dengan Zwickau, pabrik tersebut akan membentuk jaringan terbesar untuk produksi kendaraan listrik di Eropa,” ujar Anggota Dewan VW HR Gunnar Kilian.

Volkswagen juga telah berbicara tentang rencana untuk memproduksi microbus bertenaga listrik dan crossover di pabrik AS selain memproduksinya di Eropa. Berbicara tentang produksi kendaraan listrik di AS, VW Group juga mengumumkan minggu ini bahwa ia bermitra dengan SK Innovation untuk menutupi permintaan Grup di pasar Amerika Utara tahun 2022.

VW dilaporkan telah merilis kontrak pasokan baterai senilai $ 48 miliar dengan produsen baterai yang sudah ada. Sebelum pengumuman minggu ini, VW menegaskan bahwa CATL, Samsung SDI, dan LG Chem berada di antara produsen yang menerima kontrak pemasok baterai kendaraan listrik milik VW.[prm/timBX]

Tags :

#
autonews,
#
volkswagen,
#
mobil listrik,
#
sk innovation,
#
baterai sel,
#
battery cell,
#
zwickau,
#
chattanoogaa