MENU
icon label
image label
blacklogo

Volkswagen Moia Electric Ride Sharing Vehicle Pengganti Taksi

DEC 06, 2017@21:00 WIB | 253 Views

Taksi sepuluh tahun silam mungkin menjadi solusi transportasi. Namun jika jumlah dan perusahaan penyokong terus bertambah menjadi permasalahan tersendiri bagi sebuah kota. Para ilmuwan kemudian merancang mobil pengganti taksi dengan tema ride-sharing services. Mobil van electrik Moia memenuhi ekspektasi ride sharing dikembangkan di TechCrunch Disrupt, London atas pengawasan Volkswagen.

Konsep ride sharing services telah dikenalkan Lyft dan Uber, diharapkan mampu mengurangi  kemacetan di pusat kota. Teknologi algoritma carpooling telah mampu mengganti 14.000 unit yellow taksi di New York digantikan 3000 ride sharing vehicles, tanpa mempengaruhi situasi sulit.

New York salah satu kota percontohan, kehadiran Moia dengan konsep ride sharing services  oleh CEO VW Ole Harms menjadi tujuan mengisi jalanan di Eropa dan Amerika Serikat di tahun 2025. Moia bekerja mengimplementasikan ride pooling service dengan memfokuskan pada dua arah. Pertama intelligent algorithms yang mampu mengindentifikasi penumpang  bepergian ke lokasi yang sama. Dengan teknologi tersebut, Moia mampu memilih rute terbaik dan tidak mengganggu mobil lain.

Kedua, bekerja dengan partners untuk mengembangkan konsep kendaraan yang paling sesuai dengan pola ride sharing. Moia diperkenalkan sebagai mobil van electric  merupakan karya pertama dari karyawan TechCrunch Disrupt, butuh 10 bulan mengembangkan bersama Volkswage Commercial Vehicles dan Volkswagen Osnabruck.

Dengan jarak tempuh lebih dari 300 km untuk sekali charge, Moia telah mengadopsi teknologi fast charger. Untuk charger 30 menit mampu mengisi 80 persen baterai.  Kabin yang luas, memberikan nuansa carpool, termasuk layar besar carpool, onboard Wi-Fi, ruang bagasi, USB charging port di setiap tempat duduk, lampu baca dan long handrail untuk keluar masuk penumpang.

Calon penumpang bisa membooking Moia pada departure point dengan menggunakan aplikasi. Teknologi algorithm bertugas memilih penumpang yang memiliki tujuan sama. Sang sopir tinggal mengikuti jalur tersebut, tanpa menghasilkan emisi dan minimal noise.

Sampai saat ini, Moia telah melakukan pengujian di Hannover, Jerman melayani 30 ribu penumpang. Volkswagen juga berencana meluncurkan ride pooling service di Hamburg 2018. [Ahs/TimBX]

Tags :

#
auto news,
#
volkswagen,
#
ride sharing vehicle,
#
volkswagen moia,
#
electric car