MENU
icon label
image label
blacklogo

VW Bangun Mobil Berbahan Bakar Hidrogen Berdaya Jangkau 2.000KM

NOV 16, 2022@16:00 WIB | 957 Views

Raksasa otomotif dari Jerman, Volkswagen (VW) diam-diam ternyata sedang mengembangkan kendaraan sel bahan bakar hidrogen (HFCV) baru.

VW mengklaim bahwa mobil tersebut akan dapat menempuh jarak 2000 kilometer dengan satu tangki bahan bakar dan juga akan jauh lebih murah daripada Kendaraan Sel Bahan Bakar Hidrogen (HFCV) lainnya yang ada di pasaran.

Untuk teknologi ini, Volkswagen baru-baru ini mengajukan permohonan paten untuk desain sel bahan bakar hidrogen baru yang akan menyediakan mobil dengan jangkauan yang lebih jauh dan akan lebih terjangkau daripada yang sudah ada.

Permohonan paten sel bahan bakar yang baru dikembangkan bekerja sama dengan Kraftwerk Tubes dari Jerman. Selain itu, teknologi ini menggunakan hidrogen untuk menghasilkan energi bagi motor listrik.

Seperti apa cara kerja mobil berbahan bakar hidrogen? Baterai besar mobil listrik menyimpan listrik yang dikeluarkan sesuai dengan kebutuhan kendaraan. 

Sebaliknya, sel bahan bakar Hidrogen mampu menghasilkan listrik sendiri. Mereka menggunakan sel bahan bakar untuk mengubah hidrogen menjadi energi dan tangki bertekanan tinggi untuk menyimpan hidrogen dalam bentuk gas.

Perusahaan menyatakan bahwa teknologi tersebut akan diluncurkan di serangkaian kendaraan pada tahun 2026. Perusahaan berencana memproduksi sekitar 10.000 kendaraan setiap tahunnya. 

Dengan perkembangannya, VW akan bersaing dengan pabrikan penghasil kendaraan hidrogen (HFCV) yang sudah ada seperti Toyota, Hyundai Motor Group, Honda, dan lainnya. [wic/dera/timBX].

Tags :

#
volkswagen,
#
hidrogen,
#
vw,
#
hfcv,
#
mobil hidrogen,
#
2026