MENU
icon label
image label
blacklogo

Volkswagen Beli Teknologi Self-Driving Milik Innoviz Israel

AUG 11, 2022@13:00 WIB | 170 Views

Volkswagen akan membeli perangkat lunak dan perangkat keras mengemudi otonom dari perusahaan asal Israel, Innoviz Technologies dalam kesepakatan sebesar 4 miliar dolar AS atau setara dengan Rp 59,5 triliun. Kesepakatan itu telah ditandatangani dengan grup teknologi CARIAD VW dan akan mencakup komponen seperti sensor lidar berbasis laser yang akan digunakan Grup Volkswagen untuk sistem bantuan pengemudi dan otomatisasi kendaraan pada pertengahan dekade.

"Kami sangat senang bekerja dengan tim CARIAD dan menjadi pemasok sensor LiDAR dan perangkat lunak untuk mendukung mobilitas yang aman untuk kendaraan yang diluncurkan dari pertengahan dekade ini," kata kepala eksekutif dan salah satu pendiri Innoviz, Omer Keilaf dalam sebuah pernyataannya. "CARIAD adalah pemain terkemuka dalam transformasi seluruh ruang otomotif. Kami bangga menjadi bagian dari misi mereka." lanjut Omer.

Kesepakatan itu berarti Innoviz sekarang memiliki dana ke depan senilai $6,6 miliar (Rp 98,2 triliun). Kesepakatan ini saja juga bernilai lebih dari tujuh kali valuasi pasar perusahaan yaitu $500 juta (Rp 7,4 triliun).

CARIAD telah mengumumkan serangkaian kemitraan teknis sepanjang tahun 2022, termasuk dengan Bosch, Qualcomm, dan STMicroelectronics. Volkswagen sendiri sebelumnya juga telah menginvestasikan $2,6 miliar (Rp 38,7 triliun) di startup asal AS, Argo AI sebagai bagian dari pengaturan unit self-driving Eropa.

Sementara itu, Innoviz pernah menerima investasi dari Magna International dan Harman International. Perusahaan teknologi tersebut mengatakan bahwa LiDAR dan perangkat lunak persepsinya yang canggih dapat melihat lebih baik daripada pengemudi manusia dan mengurangi kemungkinan kesalahan.

Innoviz juga memiliki perjanjian LiDAR dengan BMW dan berbicara dengan Bloomberg, Keilaf mengatakan sedang menyewa kontraktor pihak ketiga untuk memproduksi sensor lidar. Pada bulan Mei lalu, Volkswagen mengumumkan bahwa mereka akan menggunakan chip Qualcomm untuk kendaraan otonom yang akan datang. [ibd/zz/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
volkswagen,
#
vw