MENU
icon label
image label
blacklogo

Volkswagen Bakal Hentikan Gearbox Manual Pada 2030?

AUG 30, 2021@16:00 WIB | 156 Views

Volkswagen berencana mengubah gearbox manual untuk setiap mobil baru yang diproduksi mulai 2030.

Saat dunia otomotif bersiap memasuki era EV (kendaraan listrik), ada pertanyaan tentang gearbox manual dengan gaya lama. Beberapa produsen mobil sudah berencana untuk meninggalkan pedal kopling di mobil bermesin pembakaran tradisional mereka sebelum beralih ke jajaran mobil listrik. Dan tampaknya hal itu juga berlaku bagi Volkswagen sebagai salah satu produsen mobil terbaik di dunia.

Setelah ‘Dieselgate’ dan menjelang masa depan EV, VW ingin memotong biaya produksi (bahkan lebih dari sebelumnya) dan salah satu cara untuk menghemat uang adalah dengan menyederhanakan penawaran drivetrain. Ini memprioritaskan DSG dengan menghilangkan sistem manual dan penghapusan bertahap pedal kopling yang tampaknya dimulai pada tahun 2023.

Mobil generasi berikutnya yang masih mengandalkan mesin bensin/diesel akan berjalan tanpa tiga pedal, dengan crossover compact Tiguan baru yang datang pada tahun 2023 diyakini akan ditawarkan secara eksklusif dengan otomatis. Ini adalah cerita yang sama dengan Passat yang dirubah, dan ada rumor yang mengatakan hal itu akan menjatuhkan gaya bodi sedan menjadi wagon.

Auto Motor und Sport mengungkapkan bahwa transmisi manual di VW tidak akan ada lagi pada akhir dekade ketika line-up perusahaan mungkin semuanya menjadi EV. Meskipun tidak disebutkan dalam laporan tersebut, VW yang menggunakan mesin otomatis kemungkinan akan berdampak pada merek lain yang sebanding di bawah payung VW Group, yaitu Skoda, SEAT dan Audi. Nama yang terakhir menjanjikan meluncurkan EV-nya pada 2026.

Dengan Passat yang kabarnya mengalami perubahan, itu bisa berarti hal yang sama akan terjadi pada Skoda Superb generasi berikutnya karena keduanya berbagi fondasi dan diharapkan akan dibangun bersama di pabrik Bratislava (Slovakia). Dengan konfirmasi VW akan ada Golf generasi kesembilan, ada kemungkinan besar Octavia yang dirubah dan Leon akan menghapus pedal kopling di iterasi berikutnya. [dhe/shf/timBX]

Tags :

#
volkswagen,
#
vw