MENU
icon label
image label
blacklogo

Vagabund: Gunakan BMW R Nine T Sebagai Karya Terbaik ke-15

MAY 09, 2021@18:00 WIB | 351 Views

Salah satu custom workshop di Austria, Vagabund Moto telah melakukan pekerjaan yang baik sejak awal didirikan. Menjadi salah satu bengkel sepeda motor yang terus berusaha melampaui batas dan tidak pernah puas dengan apa yang telah mereka hasilkan. Duo pendiri, Paul Brauchart dan Philipp Rabi tampaknya selalu naik tingkat di setiap pekerjaan desain, bahan dan eksperimen mereka.

Ini adalah motor ke-15 mereka dengan model dasar dari BMW R NineT model 2016 dengan logam bentukan tangan, komponen cetak 3D dan bodywork yang dapat dibuka melalui remote control.

Vagabund menggunakan The Whale sebagai inspirasi: sebuah BMW R100R klasik dengan body monocoque yang juga terangkat. “Ini hasil menafsirkan ulang The Whale dengan 9T baru” jelas Paul. “Memberikan tampilan yang lebih modern atau futuristik yang konsisten dengan sepeda motor baru ini”.

“Awalnya kami tidak berencana untuk membuat sistem pembukaan seperti The Whale, karena di bawah tangki bahan bakar terdapat listrik dan teknologi yang tidak bagus. Tapi akhirnya kami memutuskan untuk menggandakan pekerjaan dengan membuat bodi aluminium penuh pada tangki dan melakukan bodi mono kedua di atasnya.”

Vagabund berkolaborasi dengan Blechmann dalam pekerjaan logam. Hal pertama yang menarik perhatian terlihat dari lapisan luar bodywork - penutup tangki monocoque dan unit jok. Mereka menamai motor tersebut Tin Man.

Di bagian bawah terdapat monocoque lainya, yang menggabungkan tangki dengan area penyimpanan di bawah jok. Remote control dibuat khusus untuk memicu kait yang dapat melepaskan lapisan atas yang akan bergeser ke atas dan ke belakang pada guncangan hidraulik.

Beberapa item kustom dimasukkan, seperti dasbor motogadget yang terlihat melalui jendela akrilik di sampulnya saat semuanya tertutup, tetapi akan terangkat dengan engselnya sendiri saat terbuka. Vagabund mendesain semuanya mulai dari engsel aluminium, hingga 3D remote, semua berada di atas custom subframe.

Sentuhan ekstra seperti pada bagian kulit berlubang pada jok, tempat kartu dan kantong leatherman di bawah, semua pelapis dialihdayakan ke spesialis kulit lokal WerkDorf.

Sejumlah besar barang OEM masih digunakan, terutama karena motor tersebut harus legal berjalan di Spanyol. Vagabund telah mengintegrasikan kuci stock dan pompa bahan bakar, memindahkan filter udara ke dalam kotak udara aluminium kustom dan mengemas bagian elektronik dengan rapi di dalam bodywork baru.

Blechmann menyempurnakan bodywork yang tersisa bagi NineT, termasuk nacelle lampu depan dan spakbor depan yang terlihat organik. Nacelle membungkus lampu LED Koso Thunderbolt, sedangkan spakbor dilengkapi lampu sein LED otomotif terintegrasi. Lampu bagian belakang custom menampilkan rangkaian LED yang tertanam di bagian belakang.

Melihat hasil kustom tidak cukup, R NineT ini juga menggunakan bit baut dengan dosis yang pas. Velgnya adalah full carbon hoop dari Rotobox, dibalut ban Pirelli Diablo Supercorsa SP. penjepit tiga bagian atas adalah mesin CNC dari Messner Moto dan kontrol kaki serta dudukan plat belakang berasal dari Rizoma.

Vagabund membuat sentuhan Tin Man tetap sederhana. Lapisan luar bodywork dilapisi dengan Mercedes ‘Selenite Gray Magno’ oleh toko cat Grundmann, tetapi lapisan dalam dilapisi bening untuk memperlihatkan hasil pekerjaan yang telah dilakukan.

Hal-hal lain yang menarik seperti fork tubes dan sepasang emblem cetak 3D pada tangki bagian dalam. Paul dan Philip telah menunjukkan hasil kerja terbaik mereka. Tidak sabar pekerjaan apalagi yang akan mereka hasilkan di kemudian hari. [geo/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
vagabund,
#
bmw r nine t,
#
motor kustom,
#
custom motor,
#
vagabund moto