MENU
icon label
image label
blacklogo

Ulik Sporster Cafe Racer Hijau Unik dari Martin Solar

DEC 16, 2020@10:30 WIB | 227 Views

Kustom motor memang selalu menarik untuk dibahas, menyalurkan kreativitas dan keunikan yang dideskripsikan menawan dari para builder. Kali ini, kita mengintip garasi sederhana di Republik Ceko, yang menyimpan Harley-Davidsons Sportster 1200 cc, berjuluk Clean Green.

Kustom yang satu ini adalah keluaran Rusty Piston Garage, sebuah bengkel kecil yang berbasis di Chlumec nad Cidlinou, kota di timur Praha di Republik Ceko. Ini dijalankan oleh Martin Solar, satu-satunya desainer dan mekanik di sana, yang menyukai V-twins dan V8 sekaligus.

Bengkel ini mendukung bisnis utama Rusty Pistons, yakni perusahaan yang memproduksi pakaian garasi dengan gaya. Harley-Davidson Sporster model 2007 yang ramping dan hijau ini, dibuat sebagai alat pemasaran untuk merk, tetapi ini merupakan gaya yang tidak biasa bagi Martin, yang biasa condong ke arah bobber dan choppers.

“Saya memiliki sepasang roda karbon BST yang menganggur, dan sayang sekali jika tidak menggunakannya,” kata Martin. “Saya meletakkan roda di atas meja perakitan dan bertanya-tanya apa yang harus saya lakukan dengannya. Karena saya belum pernah membangung Café Racer maka sayang menganggapnya sebagai tantangan.”

Roda 17 inci ini pada awalnya dimaksudkan untuk Suzuki GSX-R1000, sehingga butuh beberapa keajaiban untuk mencocokkannya dengan Sportster. Martin harus melepas setiap pembawa roda, lalu memperbaikinya pada mesin CNC, sehingga dia dapat menggunakan as roda Harley, dudukan cakram, dan penggerak sabuk. Ia juga menambahkan cakram rem khusus dan bantalan baru dari perusahaan Ceko GOLDFren.

Garpu depan sporty ditingkatkan dengan satu set pegas progresif dari Hyperpro, dan bagian belakang ditopang satu set guncangan Hyperpro. Garis tulang Sportster yang sangat kusam telah diperbaiki dengan subframe baru. Ini adalah sentuhan mematikan yang menarik.

Duduk di atas adalah pelengkap lengkap dari bodywork pick-n-mix, dengan setiap bagian dimodifikasi secara cerdik agar serasi. Martin menggunakan fairing depan Aermacchi yang dibuat oleh Motoforza di Republik Ceko, tetapi itu terlalu besar dan tidak memiliki tunggangan.

Penghitung kecepatannya adalah unit digital dari Koso dan switchgear adalah stok Harley. Sementara untuk tangki bahan bakar, Martin menggunakan unit aftermarket yang sesuai dengan kesan yang diinginkannya, kemudian memodifikasinya agar sesuai dengan kerangka Harley. Pompa bahan bakar OEM juga harus diintegrasikan.

Adapun bagian ekor motor berasal dari C-Racer di Yunani, yang juga telah diubah oleh Martin dan rekannya. Mereka juga membuat tajuk knalpot baru yang dicangkokkan pada ujung kalen Akrapovic.  Untuk sentuhan akhir, terdapat satu set belakang Roland Sands dan sinyal belok dari Kellermann. [yub/asl/timBX]

Tags :

#
sporster cafe racer hijau,
#
kustom motor,
#
motor custom cafe racer,
#
martin solar,
#
harley-davidsons sportster 1200 cc

RELATED ARTICLE