MENU
icon label
image label
blacklogo

Uji Self-driving, Volvo Gandeng DiDi Autonomous Driving

APR 29, 2021@10:00 WIB | 288 Views

Bertujuan untuk memperluas armada di China, Volvo telah menandatangani perjanjian kolaborasi strategis dengan DiDi Autonomous Driving, dari platform teknologi mobilitas DiDi Chuxing untuk armada kendaraan uji self-driving.

Antara Volvo dan DiDi Autonomous Driving keduanya membentuk kemitraan jangka panjang. Apalagi jika menilik sepak terjang DiDi yang gencar memperluas armada uji kendaraan swakemudi di seluruh China dan Amerika Serikat, bahkan operasi robotaxi komersialnya terus berkembang.

Kendaraan kolaborasi ini akan menjadi SUV XC90, dengan pembagian tanggungjawab Volvo Cars melengkapi dan menyediakan sistem cadangan untuk fungsi seperti kemudi dan pengereman, sementara DiDi Autonomous Driving akan mengintegrasikan perangkat lunak dan perangkat keras tambahan yang diperlukan untuk mengemudi secara otonom.

Digadang menjadi yang pertama mengintegrasikan platform baru DiDi Autonomous Driving, DiDi Gemini akan ditempatkan ke dalam jaringan kendaraan ride-hailing DiDi di masa depan.

Bahkan kombinasi dari sistem backup built-in dan fitur keselamatan serta hardware dan software self-driving dari Volvo dan DiDi menjadi pembuka jalan bagi layanan robotaxi otonom yang sepenuhnya tanpa pengemudi keselamatan.

Mengikuti perkembangan terbaru saat ini, digunakan XC60 dari Volvo keluaran tahun 2020 yang akan digunakan dalam program pilot robotaxi pertama di Shanghai. Bahkan masyarakat di area tertentu di Shanghai dapat memesan robotaxi melalui aplikasi DiDi. Untuk kendaraannya berada di bawah pengawasan pengemudi keselamatan dan seorang insinyur.

Tak hanya dengan DiDi, sebelumnya Volvo pernah mengumumkan kemitraan dengan Waymo, divisi kendaraan self-driving Google yang akan bekerja secara eksklusif dengan merek global pembuat mobil Swedia, Polestar dan Lynk & Co. Pada waktu yang hampir bersamaan, Volvo dengan Uber pun membuat sebuah perjanjian terpisah untuk mengembangkan kendaraan otonom. Di tengah itu semua, terjadi sebuah krisis di mana salah satu kendaraan pengembangan self-driving menabrak pengendara sepeda. [eli/asl/timBX]

Tags :

#
self-driving,
#
volvo,
#
didi autonomous driving