MENU
icon label
image label
blacklogo

TVS Apache 310RR 2021 Fitur Elektroniknya Melimpah, Tenaganya Melempem

FEB 23, 2021@19:30 WIB | 173 Views

Ketika Anda mengharapkan sebuah sportbike dengan teknologi yang tinggi, mungkin tidak Anda temukan di kelas 300cc. Pabrikan India TVS Apache RR310 ternyata punya fitur yang mirip-mirip dengan sportbike. Sebut saja teknologi ride by wire technology, instrument TFT full color, dan lampu yang sudah FUll LED. Ditambah dengan riding mode mungkin menjadi satu tingkat dengan CBR250RR QS atau Kawasaki ZX25R yang lebih banyak fitur elektroniknya.

Secara desain body mirip dengan lekukan tajam MV Agusta Brutalle. Namun Apache RR310 juga dilengkapi 4 mode berkendara berkat penyematan ride by wire yang cukup unggul dikelasnya.  Sementara mesinnya sudah dilengkapi dengan SmartXConnect yang menyediakan informasi lengkap data mesin. Fitur terbarunya seperti electronic throttle control (ETC), electronic throttle body (ETB) dan electronic control unit (ECU).

Sistem keamanan sudah dilengkapi dengan dual ABS, membuat kedua roda tidak mudah mengunci, dan terangkat saat cornering.  Karena telah dilengkapi slipper clutch untuk penurunan gear secara cepat, serta kebutuhan cornering.  Tenaga yang besar 34 PS dikombinasikan dengan gearbox 6 percepatan. Tenaga 33,4 HP pada putaran mesin yang cukup tinggi 9700 rpm untuk mode berkendara sport atau track.

TVS Apache RR 310, Layak Saingi Lini Sport 250cc Jepang?

Sementara dua model lain urban dan rain menghasilkan tenaga yang lebih kecil 18,7 hp pada rentang putar @7600 rpm. Torsi maksimum 27,3 Nm di mode sport dan track, sementara mode urban dan rain hanya 25 Nm. Tenaga mesin berkarakter over bore dengan diameter x langkah 80mm x 62.1 mm. Dengan bore to stroke ratio 1.29, dan rasio kompresi 10,9:1 masih cukup untuk aspal Indonesia, meski harus minggir dengan kehadiran CBR250 dan ZX25RR dengan rasio kompresi lebih tinggi. 

Berapa harga yang cocok untuk Apache 310RR bila di India dipatok dengan harga USD3445, mungkin ideal diangka Rp49 jutaan bila sampai di Indonesia. Sementara produk India ini sudah pernah mangkir di gelaran eksebisi beberapa tahun silam, namun susah menembus market Indonesia yang didominasi sportbike Jepang sepertinya.[Ahs/timBX] 


 

Tags :

#
tvs apache 310rr,
#
sportbike,
#
tvs