MENU
icon label
image label
blacklogo

Tushek TS900 Hybrid Hypercar dari Slovenia 4,2 liter V8 Tenaganya 950 bhp

AUG 09, 2019@17:00 WIB | 194 Views

Sebuah negara kecil Slovenia, yang baru merdeka dari Yugoslavia pada 1991 menjadi pemantik kelahiran supercar hibrid. Negara teluk Balkan ini barus daya memperkenalkan hypercar hybrid dengan nama Tushek TS900 dan menghasilkan tenaga gabungan hingga 950 bhp. Ini menjadi sebuah maha karya yang prestisius dari pecahan Yugoslavia, selain sederet nama terkenal dari Slovenia seperti Samir Handanovic sebagai kiper FC InterMilan dan tentunya kue lapis Slovenia Prekmurska gibanica.

Perusahaan Tushek & Spigel berdiri di Slovenia pada tahun 2012, oleh pembalap Slovenia Aljosa Tushek, yang sebelumnya memiliki basis di Graz, Austria.  Tushek TS900 menjadi tipe terbaru dan bakal diluncurkan pada Top Marques di Monaco dan bakal tampil di Salon Prive Concours dElegance pada 5-8 September di Istana Blenheim Inggris.

Rupanya cukup sulit mencari padanan mobil ini, atau bakal head to head dengan mobil NA atau turbochargers seperti Audi R8 dengan  mesin 5.2 liter, V10 Decennium dengan 611 hp dimodifikasi 1 turbo untuk menyamai hasil output dari Tushek TS900. Masih terukur, namun bagaimana dengan motor listrik yang dihasilkan TS900? Honda NSX 2019 yang sudah hybrid saja masih diangka 573 hp.

Secara spesifikasi mesin, Tushek TS900 menggunakan mesin 4,2 liter V8 yang itu berarti menyamai Audi RS5 N/A.  Namun mesin Tushek sudah dibekali supercharged untuk performance, dengan mesin penggerak belakang. Tidak cukup dengan itu, dua motor listrik bekerja di roda belakang menghasilkan output 950 bhp dan torsi 1400 Nm. Torsi yang cukup besar, cukup untuk memutari bumi dengan 40.000 km. Akselerasinya dari 0-98 kpj cukup 2,5 detik dan kecepatan maksimum 379 kpj.  Akselerasi ini setara dengan kemampuan Bugatti Chiron dengan mesin 8 liter turbocharged. 

Total bobot mobil hanya 1410 kg, cukup ringan berkat penggunaan sasis dari bahan chrome moly dan bahan carbon fibre. Bodinya juga menggunakan bahan serat karbon, dengan interior Alcantara yang cukup menakjubkan. Dengan pintu scissor, dan atap yang bisa dilepas, Tushek menjadi hypercar paling nyentrik. Dididukung dengan sektor kaki-kaki menggunakna ban Pirelli Trofeo Series R, dan kaliper Brembo.  

Kami belum punya informasi berapa harga yang akan pasang saat dijual, kecuali setelah 5 September nanti.[Ahs/timBX]
 

Tags :

#
hypercar,
#
hybrid hypercar,
#
tushek ts900,
#
slovenia sportcar