MENU
icon label
image label
blacklogo

Tuareg 660: Motor Adventure Mid-Size Terbaru dari Aprilia

AUG 03, 2021@18:00 WIB | 136 Views

Setelah lebih dari satu tahun menggoda, Aprilia akhirnya mengungkapkan motor adventure terbarunya, yang bernama Tuareg 660 secara online, yang tampaknya akan menjadi pesaing langsung dari Ténéré 700 paralel-twin 689cc milik Yamaha. Pertama kali diisyaratkan pada Eicma 2019, motor yang berdiri tegak dengan bobot kering 187kg dan ditenagai oleh versi ulang dari mesin paralel-twin 659cc dari perusahaan Noale yang sudah pernah terpasang di sportsbike RS 660 dan nakedTuono 660.

Walaupun motor ini dibangun dengan performa yang berfokus pada trek, mesin Tuareg telah di-tweak secara internal untuk tenaga yang lebih rendah / menengah, yang akan membantu ketika melewati jalan setapak, ditambah motor ini juga bisa mengangkut barang bawaan, namun bisa sedikit mempekecil ruang di atas.

Tenaga puncak motor ini berada di 78.9bhp – sekitar 6.5bhp lebih banyak dari saingannya Yamaha – dengan angka torsi puncak 51.6lbft. Selain itu, motor ini memiliki empat mode berkendara, dengan satu pengaturan on-road dan off-road yang dapat disesuaikan. Semua dioperasikan melalui dasbor TFT 5 inci berwarna, juga termasuk kontrol traksi, kontrol jelajah, beberapa peta mesin, dan kontrol pengereman mesin.

Yang bertugas mengangkut mesin twin-pot motor ini adalah kerangka baja berbentuk tabung, dan menghubungkannya di enam titik. Tertanam di motor ini adalah satu set fork USD 43mm, ditambah shock belakang linkage progresif - keduanya menawarkan perjalanan 240mm dengan beberapa tingkat penyesuaian. Untuk menambah ketenangan saat berkendara di jalan yang tidak rata, ABS dapat dinonaktifkan di kedua ujungnya.

Tuareg 660 diselimuti oleh bodywork minimalis dengan fitur pencahayaan LED, ditambah dengan knalpot yang dipasang tinggi dan tidak akan mengganggu ketika melewati rintangan off-road. Tuareg juga mendapatkan tangki bahan bakar 18 liter, yang seharusnya dapat menempuh jarak yang cukup jauh berkat penghematan yang telah terbukti dari tata letak mesin silinder kembar berukuran sedang ini.

Ketinggian kursi di bawah 860mm (15mm lebih rendah dari Ténéré) juga harus membuatnya cukup mudah diakses oleh berbagai ukuran badan pengendara. Harga untuk motor ini masih belum diungkapkan oleh Aprilia, tetapi dengan RS660 yang dibanderol seharga £10.150 dan Tuono 660 seharga £9700, kemungkinan besar Tuareg 660 akan dibanderol sekitar £9999. [era/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
aprilia,
#
aprilia tuareg 660,
#
adventure bike