MENU
icon label
image label
blacklogo

Tromox Mino, Sepeda Motor Listrik Unik dan Nyaman Dikendarai

DEC 19, 2020@09:30 WIB | 560 Views

Anda mungkin belum familiar tentang Tromox atau sepeda motor listrik pertama mereka, Tromox Mino. Startup ini baru memulai debut mereka November lalu di EICMA 2019 Milan Motorcycle Show.

Terlihat seperti mainan. Padahal Tromox Mino sebenarnya merupakan sepeda motor listrik kecil yang potensial. Bentuknya seperti skuter listrik atau moped, namun dipasang di bodi motor mini.

Menurut Melody Mo dari Tromox, mereka tidak ingin sekedar membuat skuter listrik. Justru sebaliknya, mereka ingin menciptakan sesuatu yang unik dan lebih menyenangkan untuk dikendarai.

Startup yang berbasis di Hangzhou China ini, bermitra dengan perusahaan desain Italia untuk mengembangkan penampilan Mino. Kemudian mereka menambahkan lebih dari 30 titik pengembangan pada rangka, yang membuatnya jadi sangat mudah dan fleksibel untuk dicustomize.

Versi saat ini menggunakan motor mid-drive 2,5 kW dengan torsi 110 Nm, dilengkapi baterai Li-ion removable 60V dengan empat opsi berbeda berkapasitas 2,3 kWh, 1,9 kWh, 1,6 kWh, dan 1,3 kWh. Jarak tempuh maksimum diklaim hingga 118 km, tetapi pada kecepatan 30 km/jam. Jika sepeda motor berbobot 68 kg itu dikendarai dengan kecepatan tertinggi 60 km/jam, jangan berharap bisa mencapai jarak sejauh itu. Waktu pengisian baterai 60V 26Ah adalah 4,3 jam.

Meskipun bukan kendaraan yang cepat dan dirancang untuk perkotaan, kelengkapannya ternyata cukup baik. Mino menggunakan rangka sepeda motor wishbone konvensional berbahan carbon steel, suspensi depan dan belakang yang menggunakan peredaman oli, dan rem cakram hidraulis.

Menariknya, performa Tromox Mino dapat dimodifikasi melalui aplikasi ponsel cerdas, dan mereka juga sedang mengembangkan pengontrol internal baru yang memungkinkan pengguna menyesuaikan lebih banyak opsi.

Di China, mereka menjual Mino melalui toko fisik maupun platform online JD dan Tmall. Persiapan untuk lulus sertifikasi EPA dan DOT sedang berlangsung, dan Tromox berharap dapat selesai tepat waktu demi memasuki AS pada tahun 2021. Mereka juga menjual melalui distributor di beberapa negara Uni Eropa dan Asia. Penjualan di Uni Eropa diperkirakan akan mulai pada kuartal keempat 2021 dan mereka berencana untuk memperluas penjualan ke negara lain.

Jika Mino tampak terlalu mini untuk Anda, model Tromox berikutnya mungkin cocok. Saat ini mereka sedang mengembangkan sepeda motor listrik yang lebih besar dan dirancang untuk mencapai kecepatan 100 km/jam. [yat/asl/timBX]

Tags :

#
tromox mino,
#
sepeda motor listrik,
#
eicma 2019