MENU
icon label
image label
blacklogo

Trail Breaker, Sebuah Transformasi Yamaha XSR155

OCT 22, 2019@08:00 WIB | 345 Views

Ketika Yamaha Thailand merilis Yamaha XSR155 yang baru, mungkin tidak terbersit di benak Anda, model modifikasinya seperti apa. Tentu saja varian ini bukan model yang benar-benar baru, karena Yamaha Vixion telah lebih dahulu menggunakan sasisnya sejak tahun 2007. Dan XSR155 adalah produk khusus di pasar Thailand, dan yang satu ini contoh model modifikasinya, mengusung tema'Sport Heritage'.

Perpaduan estetika, dan sentuhan modern-vintage tersirat atas saudara kandung XSR 700 dan 900cc pada perubahan yang minor. Babi XSR ini menggunakan 19hp, SOHC 155cc tunggal dengan perubahan variabel valve — pada basik mesin yang sama yang digunakan oleh MT-15 dan YZF-R15.

K-Speed menjadi builder yang dipercaya memodifikasi setelah dirilis XSR155. Sama seperti peluncuran Super Cub 2018 oleh Honda Thailand, dengan waktu modifikasi 30 hari saja. 

Modifikasi dimulai dengan menghapus subframe dan menggantinya dengan unit flat khusus untuk bagasi bawaan. Sepotong jok kulit khusus menghiasi subframe baru, jelas menambahkan gaya lebih dari poin kenyamanan.

Dikenal sebagai ‘Trail Breaker,’ desain Yamaha ini terinspirasi oleh elemen gaya petualangan dan off-road. Eak sang kepala K-Speed ingin memberi sentuhan retro kecil dengan tampilan yang lebih berotot dan wild — karena crash bar yang dibuat untuk menyelubungi mesin, bingkai, dan garpu.

Bagian bawah mesin ditambahkan bash guard guna melindungi bagian depan dan bawah tunggal 155cc, memberikan perlindungan yang cukup dan memberi kesan tampilan mesin  yang galak.

Buangan dari silinder tunggal dipecah menjadi dual exhaust berbentuk kerucut hitam. Knalpot custom difungsikan untuk mengisi ruang yang kosong dibalik bentuk mesin yang kecil.

Meskipun sedikit dimodifikasi dan dicat, Trail Breaker mempertahankan tangki bawaan dan tutup tangki tambahan. Itu membuatnya jauh lebih mudah diidentifikasi sebagai XSR, meskipun ada transformasi radikal dari spesifikasi pabriknya.

Agar lebih maksimal di tanah, baby XSR diberi set bar scrambler gaya baru, yang dilengkapi dengan switchgear dan handgripe bergaya vintage khusus.

Kaliper diganti untuk unit Brembo  depan dan belakang, sedangkan master silinder kopling dan rem di dukung Takegawa. Garpu pabrik USD yang sekarang diperkaya fungsionalitasnya, meskipun guncangan belakang telah ditingkatkan menjadi satu unit dari suspensi YSS.

Untuk lebih mengentalkan tema off-road, Eak juga telah membuang pelek alloy berukuran 17 inci dan menggantinya dengan satu set ring aluminium spoked yang dibungkus dengan ban dual-sport berukuran besar.

Sepasang lampu samping melingkar LED di crash bar, bersama dengan beberapa bantuan dari satu set lampu utama di bagian depan.  Bagian livery ditangani oleh mitra cat K-Speed ​​‘Artroom24,’ yang memberikan sentuhan warna khusus pada crash bar, skid-plate, dan tanki dengan warna abu-abu primer dengan hasil akhir yang oldschool.

Penutup tangki atas, subframe, dan potongan-potongan kecil lainnya dicat hitam matte, dan logo skrip vintage yang jarang terlihat Yamaha telah terpampang di sisi tangki. K-Speed ​​membangun XSR bergender off-road yang mumpuni harus meniru gaya scrambler lainnya. Trail Breaker menjadi modifikasi yang ciamik, dan itu lebih dari sebuah durabilitas mesin yang sudah melegenda. [Ahs/timBX]

Tags :

#
yamaha,
#
yamaha xsr 155,
#
trail breaker,
#
modifikasi,
#
k-speed,
#
artroom24