MENU
icon label
image label
blacklogo

Toyota Ungkap Sistem Baterai Baru, Bikin Rumah Tetap ‘Menyala’

JUN 08, 2022@18:00 WIB | 146 Views

Ketika dunia otomotif bergerak menuju elektrifikasi, para produsen mobil semakin fokus pada inovasi baterai dan sistem penyimpanan energi, beberapa di antaranya bahkan telah melewati kesenjangan antara mobil dan kepemilikan rumah. Sebagai contoh, Tesla telah menawarkan sistem baterai rumah, dan sekarang Toyota juga ikut masuk ke persaingan dengan sistem baterai listrik rumah baru.

Sistem O-Uchi Kyuden Toyota dirancang untuk mendukung penggunaan listrik rumah di waktu normal dan selama keadaan darurat. Baterai 8,7 kWh dapat memasok listrik ke seluruh sisi rumah saat terjadi pemadaman listrik, dan dapat menyimpan kelebihan listrik yang dihasilkan oleh panel surya. Sistem baterai juga dapat terhubung ke kendaraan hybrid, plug-in hybrid, listrik, atau sel bahan bakar untuk melengkapi outputnya. Ini mirip dengan apa yang telah dibangun Ford dengan F-150 Lightning dan F-150 PowerBoost.

Pemilik kendaraan dapat membantu memberi daya pada rumah mereka menggunakan EV yang terhubung ke sistem baterai. Secara teoritis, pemilik dapat mengisi daya Toyota bZ4X EV baru mereka menggunakan sistem baterai rumah Toyota dan kemudian menggunakan mobil untuk memberikan daya kembali ke sistem dalam keadaan darurat. Perlu dicatat bahwa jaringan listrik Jepang dan aturan seputar penggunaan berbeda dari yang ada di sini, sehingga konfigurasi sistem yang tersedia saat ini tidak sepenuhnya diterjemahkan ke audiens negara lain. 

Penting juga untuk melihat literatur Toyota tentang sistem baterai mengasumsikan bahwa kebanyakan orang memiliki panel surya. Mereka tidak diharuskan menggunakan sistem baterai, tetapi cukup jelas bahwa Toyota yakin solar dapat membantu baterai memberikan manfaat ekonomi terbaik.

Kemudian tersedia juga empat mode penggunaan yang dapat mengubah perilaku sistem baterai. Mode normal menyimpan daya selama waktu tidak sibuk, seperti siang hari, saat listrik berbiaya paling murah.  Jika pengguna memiliki panel surya, ini akan mengurangi beban pada sistem tersebut dan dapat membantu mengembalikan daya ke jaringan untuk orang yang tinggal di tempat dengan undang-undang yang mengizinkan penjualan daya kembali ke sistem.

Mode hemat energi memungkinkan konsumsi daya di malam hari, setelah baterai diisi selama waktu berbiaya rendah. Mode pintar mengisi daya baterai menggunakan listrik di tengah malam dan lagi di siang hari menggunakan panel surya. Mode penyimpanan memfokuskan baterai pada penahan listrik untuk keadaan darurat. [dhe/era/timBX] berbagai sumber.

Tags :

#
toyota,
#
ev,
#
baterai