MENU
icon label
image label
blacklogo

Toyota Soarer, Mobil Dua Pintu Tahun 1980-an

OCT 16, 2021@12:00 WIB | 147 Views

Toyota memang sudah sejak lama memberhentikan produksi mobil dua pintu (coupe).

Jika dilihat ke belakang terdapat Toyota Soarer, sebuah coupe GT yang diproduksi mulai dari tahun 1981 hingga 2005. Bertahan selama empat generasi, produksi terakhir debut di tahun 2001. Mobil ini merupakan produksi coupe terbaik.

Baca juga: Toyota Mirai Cetak Rekor Dunia Untuk Penggerak Fuel-Cell Electric Terpanjang

Model pertamanya didasari oleh Supra generasi kedua dan ternyata memberikan pengaruh yang baik. Lalu Toyota kembali menarik formula bagi penerusnya dari Supra A70. Sedangkan pada generasi ketiga Soarer bisa dikatakan Lexus SC, sebuah coupe yang menakjubkan. Generasi terakhir, seperti yang sudah diketahui adalah Lexus SC 430 dengan atap yang konvertibel.

Dari banyak jenis Soarer yang diproduksi, sepertinya mobil coupe terbaik Toyota jatuh pada seri Z20 yang keluar tahun 1986. Mesinnya 2.0 liter inline-six, dengan twin-turbocharged, dan 3.0 liter inline-six enam turbo. Saat itulah Aerocabin lahir pada 1989. Mobil coupe dengan atap lipat elektrik, hanya tersedia 500 unit. Semua ditenagai dengan standar Z20 bersama dengan mesin turbo inline-six 232 tenaga kuda dan torsi 254 lb-ft. Memiliki empat kecepatan secara otomatis menyalurkan tenaga ke roda belakang dengan kecepatan tinggi.

Baca juga: Toyota Konfirmasi Aygo X 2022, Bakal Rilis Bulan Depan?

Kini Aerocabin Soarer 1989 menjadi mobil kolektor yang menarik di Jepang. Beberapa waktu lalu dikabarkan salah satunya telah dilelang di Amerika. Terdaftar di Cars and Bids, memiliki jarak kurang dari 60.000 mil. Meskipun beberapa bagian ada yang diperbarui tapi secara keseluruhan mobil ini masih sangat baik. Eksterior yang putih dan interior yang krem. Acara pelelangan telah berakhir pada 13 Oktober lalu.[geo/shf/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
toyota,
#
mobil toyota,
#
toyota soarer,
#
mobil dua pintu,
#
mobil dua pintu tahun 1980an