MENU
icon label
image label
blacklogo

Toyota Sienta Vs Honda Freed, Pertarungan Dua MPV Jepang

JAN 21, 2021@18:00 WIB | 383 Views

MPV adalah pilihan yang sangat menarik bagi keluarga yang mencari kendaraan praktis dan ekonomis. MPV berfokus pada hal-hal seperti kapasitas tempat duduk, penyimpanan bagasi, perlengkapan keselamatan, dan kualitas kendara daripada gaya eksterior, kemewahan interior, atau fitur canggih berteknologi tinggi. Itu bukan aturan, tapi kebanyakan itu masalahnya. Jika Anda melihat pasar saat ini, banyak pilihan MPV di pasar otomotif Indonesia. Di antara pilihan ini, redaksi akan membahas dua MPV asal Jepang yaitu; Honda Freed  dan Toyota Sienta .

1. Dimensi

Perbandingan dimensi Toyota Sienta vs Honda Freed dapat dilihat pada tabel berikut:

Dimensi

Toyota Sienta

Honda Freed

   Panjang

mm

4.235

4.215

   Lebar

mm

1.695

1.700

   Tinggi

mm

1.675

1.740

   Jarak Poros Roda

m

2.75

2.74

   Radius Putar

m

5.2

5.2

   Jarak Pijak Depan

mm

1.530

1.478

   Jarak Pijak Belakang

mm

1.520

1.466

   Jarak Terendah

Cm

170

170

   Ukuran Ban & Velg

Inch

195/55 – R15

185/65 – R15

   Bobot

Kg

1.320

1.330

Dari perbandingan dimensi tersebut, dapat kita ketahui bahwa Sienta secara keseluruhan hanya lebih panjang 2 cm, sedangkan Freed lebih lebar 0,5 cm dan lebih tinggi 6,5 cm dari Sienta. Artinya tidak ada perbedaan signifikan antara dimensi kedua mobil ini, hanya saja karena Freed lebih tinggi dari Sienta, kemungkinan headroom di kabinnya akan lebih lega. Hal yang penting adalah seberapa besar perbedaan luas kabin yang akan berpengaruh pada kelegaan ruang penumpang.

2.  Fitur

Hal yang paling menarik untuk dibandingkan dari kedua mobil ini adalah fitur, karena merupakan faktor penting yang banyak mempengaruhi keputusan pembeli mobil. Toyota Sienta mempunyai value for money yang lebih baik dibanding Honda Freed. Mungkin akan lain ceritanya jika Honda Freed Facelift terbaru sudah keluar, karena tentunya Honda akan menambah fitur Freed agar dapat bersaing dengan Sienta yang lebih belakangan memasuki pasar otomotif Tanah air.

Kelebihan fitur-fitur Toyota Sienta yang belum ada pada Honda Freed, yaitu:

1. Airbags tambahan, yaitu Knee-Airbags yang berfungsi melindungi kaki pengemudi.

2. Pada Sienta tipe tertinggi, keempat bannya sudah dilengkapi rem cakram, sedangkan pada Honda Freed, pada ban belakang masih menggunakan rem tromol.

3. “Hill Start Asist Control” (HSA) yang berfungsi mencegah mobil mundur saat berhenti di tanjakan.

4. “Vehicle Stability Control” yang mengurangi efek limbung saat menikung pada kecepatan tinggi.

5. “Automatic Head Lamp Levelling” Pengaturan otomatis pada levelling lampu utama, dimana fitur ini sebelumnya ada pada sedan mewah Toyota yang dijual di Amerika dan Eropa, yaitu Toyota Corolla.

6. Pada bagian interior, fitur unik yang sudah ada pada Toyota Sienta namun tidak ada pada Honda Freed adalah fitur-fitur yang sebelumnya kita temukan pada KIA Carens dan KIA Rio, yaitu globe box dengan fungsi chiller untuk mendinginkan minuman dan adanya seat under tray, atau tempat penyimpanan di bawah kursi penumpang depan.

7. Cara pelipatan kursi baris ke tiga pada Sienta juga cukup unik dan membuat kepraktisan ruang bagasi menjadi maksimal, yaitu dapat dilipat secara penuh di bawah kursi baris kedua.

3. Mesin dan Tenaga

Berikut perbandingan spesifikasi mesin Toyota Sienta dan Honda Freed:

Spesifikasi

Toyota Sienta

Honda Freed

Kapasitas Mesin

1496 cc

1497 cc

Volume & Silinder

4 Silinder 16 Katup

4 Silinder 16 Katup

Tenaga Maksimum

109 Hp / 6000 rpm

118 Hp / 6600 rpm

Torsi Maksimum

140 nm / 6200 rpm

146 nm / 4800 rpm

Kapasitas Tanki

45 Liter

42 Liter

Transmisi

Manual : 6 percepatan

Otomatis : 7 percepatan

Otomatis 5 percepatan

 Komparasi tenaga dan torsi mesin Toyota Sienta vs Honda Freed ini menunjukkan Toyota lebih mengutamakan efisiensi bahan bakar ketimbang tenaga yang besar. Transmisi manual 6 percepatan dan otomatis 7 percepatan cukup baru pada produk Toyota di Indonesia, hal ini akan menghemat bahan bakar untuk perjalanan jauh. Maka jangan berharap banyak akan tenaga dan torsi pada Toyota Sienta.

4.  Tampilan Eksterior

 Pada dasarnya bentuk kedua mobil ini dapat dibilang mirip. Kental dengan nuansa nyentrik khas Jepang. Mungkin design ini tidak bisa disukai semua orang Indonesia, karena cukup aneh, tapi bagi sebagian orang design tersebut unik. Keunikan tersebut akan sangat disukai mereka yang ingin tampil beda. Berikut visualisasi jika wajah Toyota Sienta disandingkan dengan Honda Freed.

Sebenarnya tampilan eksterior tergantung selera masing-masing orang. Namun kami kira akan banyak yang setuju jika dikatakan bahwa wajah Honda Freed terlihat lebih elegan, lebih tajam dan lebih seperti mobil dibanding Toyota Sienta. Memang design depan Freed masih mainstream mobil masa kini, namun nuansa modern membuat mobil ini sedap dipandang dari depan.

Sedangkan Toyota Sienta didesign cukup nyentrik dengan grill trapesium dan lekukan-lekukan body dan headlamp yang agak membulat. Sehingga meskipun bentuk keselurahan agak mirip dengan Freed, tampilan aneh wajah Sienta dengan garis-garis hitam seperti kumis ikan lele, seolah menjadi antitesis dari Honda Freed yang tajam. Pada video review oleh Motomobi Channel di Youtube, bentuk Toyota Sienta ini disebut mirip dengan bentuk Sepatu bekel (cukup sadis).

Berbeda dengan tampilan wajah, menurut kami tampang belakang Toyota Sienta lebih sedap dipandang dibanding bokong Honda Freed yang terlalu mengotak dan terkesan seperti bokong mobil kargo zaman tahun 2000an. Lampu belakang Toyota Sienta yang sudah dihiasi LED dan lebih lebar sampai ada di pintu membuat Sienta terkesan lebih modern dibanding Honda Freed.

5. Design Interior

Dashboard Toyota Sienta yang keluar dari design mainstream simetris jika dibandingkan dengan dashboard Honda Freed. Tuas transmisi Freed yang berada di dashboard mungkin memang praktis karena lebih mudah dijangkau tangan pengemudi dan membuat lebih banyak ruang di konsol tengah, namun tuas pada dashboard tersebut cukup mengganggu pemandangan.

Design Kursi dan Akses ke Baris Ketiga

Perbedaan cukup signifikan pada interior Sienta dan Freed adalah pada kursi baris kedua. Honda Freed memiliki kursi “Captain Seat“, sedangkan berada di kursi baris kedua Toyota Sienta serasa duduk di kursi Toyota Avanza, datar tanpa “arm rest” di tengah dan di doortrim. Sedangkan kabin baris ketiga kedua mobil ini sama-sama sempit untuk orang dewasa, sehingga lebih cocok untuk dua penumpang saja.

Akses memasuki baris ketiga Toyota Sienta dengan melipat kursi baris kedua hingga terangkat penuh dengan menarik hanya satu tuas, memberi kemudahan yang menyenangkan bagi penumpang. Sedangkan pada Honda Freed, akses ke baris ketiga ada dua pilihan, yaitu melalui ruang kosong di tengah, antara dua captain seat atau dengan men-sliding kursi baris kedua secara penuh ke depan sehingga bisa langsung masuk ke baris ketiga.

6. Harga

Berikut perbandingan harga Toyota Sienta vs Honda Freed di tahun 2016.

Tipe

Harga (Rupiah)

Toyota Sienta

E-MT (Terendah)

230 Juta

E-AT

240 Juta

G-MT

245 Juta

G-AT

255 Juta

V-MT

260 Juta

V-MT

275 Juta

Q (Tipe Termewah)

295 Juta

Honda Freed

Tipe S

273 Juta

Tipe E

294 Juta

Dari perbandingan harga tersebut, Honda Freed masih lebih mahal dari Toyota Sienta, khususnya untuk tipe standar dan menengah. Jika dilihat dari perbandingan fitur dan spesifikasi, maka dengan harga yang lebih murah untuk tipe yang sekelas, Toyota Sienta mempunyai value for money yang lebih baik dari Honda Freed. Apalagi jika dihubungkan dengan mudahnya akses pada dealer dan bengkel resmi, maka Sienta sepertinya akan memenangkan persaingan penjualan di segmen mini MPV mewah ini.

Kesimpulan

Pertama, Sienta lebih berkelas, berpenampilan lebih baik dan MPV lebih irit bahan bakar dibanding Honda Freed. Tapi Freed adalah mobil yang jauh lebih ideal bagi mereka yang mencari MPV yang lebih murah dengan lebih banyak fitur untuk rasio harga dan performa yang lebih tinggi. Karena itu, kedua MPV ini dibilang sama rata dan sulit untuk dikatakan siapa yang lebih unggul. Nah, semuanya ini tergantung dari Blackpals sendiri, pilih Toyota Sienta atau Honda Freed?  [ibd/timBX]

Tags :

#
toyota sienta vs honda freed,
#
honda freed,
#
toyota sienta,
#
mpv